Pemkba Buton Laksanakan Renungan Suci di Pelabuhan Banabungi

Buton- Pemkab Buton melaksanakan Upacara Kehormatan dan Renungan Suci di Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Minggu (16/8) malam.

Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga mereka untuk menggapai kemerdekaan.

Dalam kegiatan itu Bupati Buton, La Bakry bertindak sebagai Inspektur Upacara, sementara IPDA Anwar Komandan Upacara yang dimulai tepat pada pukul 23.59 WITA, detik-detik pergantian tanggal menuju kemerdekaan.

Ketika membacakan Renungan Suci, La Bakry mengucapkan rasa terimakasih yang tak terhingga atas perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dalam pengabdian yang penuh keikhlasan dan kesucian demi Bangsa dan Negara Indonesia.

Usai membacakan renungan suci, mewakili seluruh jajaran Pemda Buton, La Bakry juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada arahan Pemerintah Pusat tentang kewajiban menyelenggarakan Renungan Suci di malam tanggal 17 Agustus 2020.

Sebelumnya lanjut La Bakry, Kabupaten Buton hanya memiliki satu Taman Makam Pahlawan yaitu di Kota Baubau. Namun, sejak Kabupaten Buton berpindah di Pasarwajo, upacara serupa sudah tidak pernah lagi dilakukan, sehingga berdasarkan arahan dari Pemerintah Pusat bagi yang tidak memiliki Makam Pahlawan bisa dilakukan pada ruang terbuka, termaksud pelabuhan.

"Kalau arahan dari Pemerintah itu kalau tidak memiliki Makam Pahlawan maka boleh dilakukan pada ruang terbuka, nah ruang terbuka yang paling cocok dan sesuai adalah pelabuhan karena tentu pada perjuangan masa lalu banyak pahlawan-pahlawan kita yang berjuang melalui laut yang tidak terdeteksi lagi, pada malam ini kami semua hadir untuk merefleksikan perjuangan mereka dan seraya mendoakan semoga arwah para pejuang, para pahlawan mendapat tempat yang layak disisi Allah," ungkap La Bakry.

Untuk itu lanjut La Bakry, tugas generasi saat ini adalah terus berjuang untuk mengisi kemerdekaan yang paling utama adalah menjaga hak-hak warga negara serta kedamaian, ketertiban, ketentraman dan kesejahteraan.

"Dan kami para generasi berikutnya ini tetap berjuang mengisi kemerdekaan tentu saja dalam rangka terutama menjamin hak-hak semua warga negara, kedamaian, ketertiban, ketentraman dan tentu saja kesejahteraan," katanya.

La Bakry berharap ke depan Pemda Buton tetap berpegang pada arah kebijakan pembangunan nasional, karena ia meyakini apa yang diprogramkan secara nasional kemudian bisa diimplementasikan pada semua bidang itu cuma satu adalah untuk mengisi kemerdekaan, mewujudkan cita-cita para pejuang dan tentu saja harapan generasi muda yang menjadi pewaris.

Turut hadir dalam Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci tersebut Wakil Bupati Buton, Iis Eliyanti, Sekretaris Daerah, La Ode Zilfar Djafar, Ketua DPRD Kabupaten Buton, Hariasi Salad, Kapolres Buton, AKBP Adi Benny Cahyono, Kajari Buton, Wiranto, Danramil 1413-02/Pasarwajo, Kapten Infantri Bahari, para Perwira TNI/Polri, dan para Kepala OPD lingkup Pemerintah Kabupaten Buton.