Bupati Ramli Hadiri Lepas Sambut Dandim 0105/Aceh Barat

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS menghadiri acara lepas sambut Komandan Kodim 0105 Aceh Barat dari Letkol Inf Nurul Dianto kepada Letkol Inf Dimar Bahtera di Aula Bappeda, Selasa (18/8) malam.

Bupati Aceh Barat Ramli MS, dalam sambutannya mengatakan, saat ini perasaannya terbagi dua yakni sedih dan senang. Dirinya mengaku sedih karena sudah lama bergaul dan berteman layaknya seperti adik-kakak dengan dandim lama, sedangkan satu sisi dirinya gembira karena dandim lama meningkat karirnya menjadi Kasrem 012 Teuku Umar, dan dirinya mendapat teman baru.

"Kesan saya dengan dandim lama sangat baik karena komunikasi kami sangat bagus, karena kalau kita tidak mampu membina komunikasi dan tidak bisa membina kebhinekaan dan perbedaan, kita tidak akan berhasil," imbuh Ramli.

Bupati Ramli menambahkan, masyarakat Aceh Barat sangat plural dan majemuk karena terdapat bermacam suku bangsa. Dirinya menambahkan selama menjabat bupati, bersama-sama dandim telah berhasil mewujudkan swasembada atau surplus beras di Aceh Barat.

"Lebih 45 ribu ton surplus beras di Aceh Barat, alhamdulillah ini semua berkat program pemberian hand traktor yang kami lakukakan dan juga berkat dukungan TNI yang ikut serta membantu memberikan pendampingan kepada petani-petani di Aceh Barat," ujar Ramli MS.

"Kepada Dandim yang baru saya berharap dapat membimbing kami dalam memajukan Aceh Barat, anggaplah saya sebagai kakak dalam bertukar pikiran, karena untuk memajukan Aceh Barat saya tidak mampu melakukannya sendiri," pungkasnya.

Sementara itu, Dandim lama Letkol Kav Nurul Dianto, dalam sambutannya memohon pamit setelah bertugas 2 tahun 5 bulan sebagai Dandim 0105 Aceh Barat, Dirinya mendapat tugas baru yang juga di Aceh Barat yakni sebagai Kasrem 012 Teuku Umar.

"Selama saya bertugas di Kodim 0105 Aceh Barat kesan saya banyak sekali, terutama di lingkungan Pemerintah Daerah dan instansi lain yang ada di Aceh Barat," kata Dandim lama Letkol Kav Nurul Dianto.

Nurul Dianto mengungkapkan, selama ini komunikasi dirinya dengan Pemkab Aceh Barat berjalan dengan baik. Ia mengatakan, tugas Kodim 0105 Aceh Barat adalah membantu pemda dalam hal keamanan dan penanganan konflik sosial.

"Banyak kejadian dan tantangan di lapangan namun dengan kerja sama yang baik dengan Pemkab Aceh Barat, hal tersebut dapat diselesaikan dengan baik," imbuhnya.

"Terima kasih Pemkab Aceh Barat atas kerjasamanya, termasuk pihak di luar Pemda, tanpa kerjasama yang baik, apa yang telah kita rasakan seperti saat ini tidak akan tercapai, alhamdulillah selama saya menjabat semua konflik masyarakat dapat selesai" tuturnya.

Sedangkan, Dandim 0105 Aceh Barat yang baru Letkol Inf Dimar Bahtera, dalam sambutannya menyampaikan, selama ini Kodim 0105 Aceh Barat telah banyak menorehkan prestasi yang membanggakan dibawah komando Dandim sebelumnya termasuk dalam menjalin komunikasi yang bagus dengan Pemda dan itu menjadi tantangan bagi dirinya untuk melanjutkan prestasi tersebut.

"Mohon bimbingan dan masukan agar kami tidak salah langkah karena kami baru, kami mohon izin bergabung di keluarga besar Aceh Barat dan Kodim 0105 Aceh Barat, semoga apa yang sudah bagus dapat terus dipupuk dan dipelihara," pungkasnya.