Bupati Sigi Pimpin Rakor Penyelesaian Penyaluran Bantuan Stimulan Tahap II

Sigi - Bupati Sigi Mohamad Irwan membuka rapat koordinasi terkait penyelesaian penyaluran bantuan stimulan tahap II kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi perumahan korban bencana gempa bumi dan likuIfaksi di aula kantor Bupati Sigi, Kecamatan Dolo, Selasa (18/8).

Hadir dalam rapat koordinasi ini Ketua DPRD Kabupaten Sigi, Wakapolres Sigi, Perwira Penghubung Kodim 1306 wilayah Sigi, Kepala Kantor BPN Sigi, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala Bappeda Sigi, Kepala Badan Keuangan dan Aset Daerah, Sekretaris dan para Kepala Bidang pada BPBD Kabupaten Sigi.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kabupaten Sigi, dalam pemaparannya menyampaikan beberapa kendala dalam penyelesaian penyaluran dana stimulan tahap II di antaranya yaitu telah berakhirnya tugas Tim Pendamping Percepatan Pembangunan Perumahan (TP4) dan tim pendukung stimulan tahap II, serta masih banyaknya laporan masyarakat terkait dengan daftar nama penerima bantuan tersebut.

"Sebagai tindak lanjut mengatasi kendala yang ada, Pemerintah Kabupaten Sigi akan mengajukan perubahan Rencana Kegiatan dan Anggaran (RKA) serta perpanjangan waktu pelaksanaan kegiatan terkait dengan proses penyaluran dana stimulan tahap II yang belum terealisasi sesuai dengan target output yang sudah direncanakan. Hal ini telah menjadi komitmen pemerintah daerah untuk menyelesaikan penyaluran dana stimulan tersebut," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sigi Mohamad Irwan mengingatkan BPBD sebagai instansi yang menangani langsung tahapan penyaluran bantuan stimulan agar memperhatikan kelengkapan administrasi legal dan formal, khususnya terkait dengan perubahan data baik yang diusulkan maupun yang telah di-SK-kan sesuai dengan hasil verifikasi di lapangan.

Terkait dengan usulan penerima bantuan, Bupati Irwan menekankan agar semua usulan yang masuk adalah usulan legal dari kepala desa.