Gugus Tugas COVID-19 Aceh Barat Sosialisasi Penerapan AKB Kepada Masyarakat

Meulaboh - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat melaksanakan kegiatan sosialisasi dan kampanye secara kreatif penerapan adaptasi kebiasaan baru (AKB) terkait pencegahan penyebaran COVID-19 kepada pengujung dan pengelola kafe, warung dan tempat tempat usaha yang berpotensi berkumpulnya orang ramai di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan, Sabtu (23/8) malam.

Hadir dalam acara tersebut Komandan Kodim 0105/ Aceh Barat Letkol Inf Dimar Bahtera, Pasiops Kodim 0105/Abar Kapten Inf Reza Pahlevi, Danramil 07/Johan Pahlawan Kapten Inf Hendra Saputra, Kapolsek Johan Pahlawan AKP Iswandi, Kasatpol PP Aceh Barat Azim, Anggota GTC-19 Aceh Barat dan anggota TNI, Polri, Satpol PP dan WH, serta Dinas Perhubungan.

Pada kegiatan itu Tim Gugus COVID-19 mengimbau dan menegur masyarakat yang tidak memakai masker dan yang duduk berdekatan di sejumlah kafe dan warung kopi.

Ada yang unik dalam sosialisasi kali ini, terdapat beberapa anggota TNI dan Satpol PP dan WH yang memakai topi berbentuk virus corona dan membawa kertas karton yang bertuliskan bahaya COVID-19 sehingga menarik perhatian pengunjung.

Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Inf Dimar Bahtera yang juga Wakil Ketua 1 Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Aceh Barat di sela-sela kegiatan tersebut menjelaskan bahwa pihaknya memang sengaja melaksanakan sosialisasi secara kreatif terkait penerapan AKV yakni dengan memakai topi berbentuk virus corona  agar masyarakar sadar dan tahu bahwa virus ini memang sudah nyata ada di sekitar kita .

“Saat ini sudah ada warga Aceh Barat yang terpapar COVID-19, untuk itu saat beraktivitas di luar rumah, masyarakat wajib memakai masker, jika berada di pusat kerumunan orang seperti pasar, cafe dan fasilitas umum lainnya agar selalu menjaga jarak dan tidak bersentuhan langsung” imbuh Dimar Bahtera.

Selain itu kata Dandim, sosialisasi ini juga untuk menjalankan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19 di Aceh Barat.