Kabupaten Pringsewu Tingkatkan Kapasitas Satgas Perlindungan Anak

Gadingrejo - Universitas Lampung (Unila) mengadakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Satgas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat di Kabupaten Pringsewu bertempat di Aula Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Selasa (25/08).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi, didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Malian Ayub, Kadis P3AP2KB Purhadi dan Camat Gadingrejo Yuli Susapto. Sedangkan dari pihak Unila dihadiri Ketua Pelaksana sekaligus selaku Dosen Administrasi Negara FISIP Unila Rahayu Sulistiawati beserta Ita Prihantika dan Siti Khoiriah.

Dalam sambutannya Fauzi mengatakan, atas nama Pemkab Pringsewu sekaligus sebagai Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pringsewu, sangat menyambut baik sekaligus mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas satgas perlindungan anak terpadu berbasis masyarakat yang diselenggarakan oleh PKM FISIP Unila.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan para petugas dalam pendampingan kepada anak di Kabupaten Pringsewu, kekerasan terhadap anak dan perempuan sampai sekarang memang masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah maupun lembaga yang berkepentingan terhadap perlindungan anak," katanya.

Fauzi menjelaskan tentang upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Pringsewu diantaranya dengan diterbitkannya Peraturan Daerah (Perda) Nomor 07 Tahun 2015 tentang Penyelenggaraan Perlindungan Perempuan dan Anak. Serta Surat Edaran Bupati Pringsewu Nomor 09 Tahun 2017 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa yang Bisa Digunakan untuk Kampanye dan Promosi Hak-hak Anak, Keterampilan, Pengasuhan Anak dan Perlindungan Anak, hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Desa Nomor 19 Tahun 2017. (diskominfo/dedi)