Pengembangan Kampung KB Melalui Penguatan Ekonomi Kerakyatan

Pringsewu - Wakil Bupati Pringsewu Fauzi menjadi narasumber kegiatan pengembangan kampung Keluarga Berkualitas (KB) melalui penguatan ekonomi kerakyatan, Rabu (26/08).

"Pemerintah Kabupaten Pringsewu terus berupaya membangun perekonomian masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, untuk itu perlu ditingkatkan pengembangan ekonomi lokal dengan menggerakkan UMKM, apalagi saat ini dengan adanya pandemi COVID-19 berdampak pada ekonomi masyarakat," katanya.

Ditambahkan, tanggung jawab untuk meningkatkan ekonomi masyarakat bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tetapi peran serta aktif masyarakat terutama yang tergabung dalam Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Karena itu diharapkan adanya sinergitas dan hubungan timbal balik antara Dinas P3AP2KB melalui UPPKS dan Dinas PMP melalui BUMDes. Tidak hanya itu, Pemerintah Kabupaten Pringsewu melalui Dinas Koperindag juga akan siap mendukung

Pengembangan Kampung KB, baik itu berupa pemasarannya maupun dalan bentuk peralatan", ujar H. Fauzi. Pengembangan Kampung KB ini menurut H. Fauzi, lebih diutamakan bagi yang sudah berjalan usahanya, tetapi memiliki kendala. Maka dari itu peran pemerintah untuk mencari solusi bersama, mulai dari pelatihan dan pembinaan, sampai dengan segi pemasarannya.

Pemilik usaha Warkop Waw Ismail Komar juga turut serta menjadi narasumber dalam kegiatan ini, Ismail berharap masyarakat yang memiliki usaha dapat bermitra dengan pemilik usaha lain, baik itu berupa tempat usaha maupun bahan baku. Lebih banyak bermitra, maka jaringan usaha akan semakin meluas. (diskominfo/rakhmat)