BKKBN Sulteng Gelar Sosialisasi PKBR

Bungku - BKKBN Sulteng menggelar Sosialisasi Proyek Prioritas Nasional Penyiapan Kehidupan Berkeluarga Bagi Remaja (PKBR) Jumat, (28/08).

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Badan Perencenaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) diikuti oleh seluruh anggota Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja se-Kabupaten Morowali yang tergabung dalam forum Generasi Berencana (GenRe). Program GenRe adalah program yang dikembangkan BKKBN dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi.

Kepala Sub Bidang Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan BKKBN Sulteng, Latifah Awad Djibran, SE., MM., mengungkap, tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk memberikan informasi sekaligus edukasi bagi remaja tentang pentingnya menyesuaikan diri terhadap perkembangan global saat ini, agar pengembangan potensi yang ada dapat tetap tergali guna terhindar dari kenakalan remaja yang marak terjadi.

"Remaja saat ini menjadi sentral pembinaan serta menjadi bahan perhatian seluruh masyarakat, maka tujuan kegiatan ini untuk membagi informasi tentang program-program BKKBN khususnya untuk program GenRe. Dimana setiap remaja diharapkan terhindar dari permasalahan remaja yang saat ini sangat ramai terutama tentang pernikahan dini, seks bebas atau penyalahgunaan NAPZA", terang Latifah.

Analis Kebijakan Ahli Muda tersebut juga menambahkan, sosialisasi ini akan dirangkaikan dengan pemilihan duta GenRe tingkat Kabupaten Morowali tahun 2020. Hal ini guna meningkatkan sosialisasi dan promosi program GenRe, khususnya pengembangan PIK Remaja sebagai sebuah wadah pelayanan informasi dan konseling, melalui figur motivator dari kalangan remaja. Menurut Latifah, dengan adanya Duta GenRe, sosialisasi dan promosi program GenRe di lingkungan remaja akan lebih efektif karena komunikasi yang terjalin dilakukan dengan pendekatan dari, oleh dan untuk remaja, sehingga menjadi ramah remaja.

"Konsep kegiatan ini mengajak anak remaja khususnya yang tergabung dalam pusat informasi dan konseling (PIK) remaja. Nanti akan dirangkaikan pemilihan duta GenRe Kabupaten Morowali. Diharapkan dari pemilihan tersebut akan muncul figur-figur, contoh teladan dan idola baru yang akan menyampaikan informasi-informasi tentang materi program GenRe itu sendiri", pungkas dia.

Diketahui, pelaksanaan kegiatan ini tertunda akibat pandemi Covid 19. Seharusnya kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni. Namun tanpa mengurangi persiapan kemarin, tim tetap melaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan. Semua perwakilan GenRe Sulteng yang hadir sudah melalui berbagai tes untuk memastikan bahwa mereka non reaktif atau negatif Covid 19. Adapun materi yang disosialisasikan adalah tentang Pembinaan Ketahanan Remaja Era New Normal Covid-19 dan Visualisasi Strategi Edukasi Pro PN PKBR Versi Online.