Bupati Pringsewu Luncurkan Pembelajaran Jarak Jauh "Abdi Patriot 3 On"

Pagelaran Utara - Bupati Pringsewu Sujadi meluncurkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) Aplikasi Belajar Daring Intranet (ABDI) Program Akselerasi Teknologi Robotika, Ai dan Iot (Patriot) 3 On (On Air, Online dan On Land) di SDN 2 Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara, Kamis (27/8).

Sebelumnya, Sujadi berkunjung ke studio pembelajaran untuk meninjau langsung kegiatan belajar mengajar melalui streaming radio yang disebarluaskan oleh Rapemda Pringsewu.

Selain itu, Sujadi juga berkunjung ke shelter untuk meninjau siswa yang melaksanakan PJJ dengan mendengarkan siaran Rapemda Pringsewu dan mengakses materi belajar menggunakan mini komputer secara Intranet dan menyaksikan interaksi tanya jawab materi belajar antara guru dan siswa.

Selanjutnya, Sujadi berkesempatan mengunjungi ruang server PJJ 3 On,k untuk meninjau guru yang meng-upload materi ke server.

Dalam sambutannya, Sujadi menyampaikan rasa haru setelah berkunjung langsung ke tiga lokasi tersebut, karena dengan alat yang sederhana tetapi guru dan siswa dapat melaksanakan PJJ dengan sangat lancar.

Sujadi juga mengungkapkan kebanggaannya karena SDN 2 Margosari menjadi yang pertama melakukan PJJ menggunakan Aplikasi Belajar Daring Intranet dengan Program Akselerasi Teknologi Robotika, Ai dan Iot 3 On di Provinsi Lampung, bahkan di Indonesia. Untuk itu H.Sujadi sangat berterima kasih kepada Direktorat Pemberdayaan Informatika, Kemenkominfo RI yang sudah datang ke Kabupaten Pringsewu, meski dalam kondisi pandemi saat ini.

Sujadi juga berterima kasih kepada Diskominfo Pringsewu, LPPL Rapemda Pringsewu, Disdikbud Pringsewu, Relawan TIK Lampung dan Pringsewu, RAPI, Radio Komunitas dan Pemerintah Pekon Margosari yang selama ini sudah bersinergi secara baik.

"Pemkab Pringsewu siap mendukung agar terus berjalan dan bahkan dapat dilaksanakan di seluruh Kabupaten Pringsewu. Untuk itu melalui Diskominfo dan Rapemda Pringsewu dapat mempersiapkan segala sesuatunya kalau perlu anggaran pada tahun 2021 dapat ditambah. Ini semua demi perkembangan SDM Kabupaten Pringsewu, sehingga dapat terciptanya Kabupaten Pringsewu yang maju," ujar Sujadi.

Sujadi juga berpesan kepada kepala Pekon Margosari untuk terus menjaga kekompakan dan gotong royong warganya, serta selalu mengingatkan tetap mematuhi protokol kesehatan sampai pandemi COVID-19 benar-benar berakhir.

Sementara itu, Penggerak Swadaya Masyarakat Ahli Madya Kemenkominfo RI Aris Kurniawan mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Pringsewu yang mendukung terselenggaranya kegiatan ini. Pihaknya juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang secara gotong royong sudah berkolaborasi.

Aris menambahkan, untuk Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung Aris juga berterima kasih karena telah melakukan pendampingan, sehingga tidak mengganggu frekuensi yang sudah ada.

"SDN 2 Margosari, Kecamatan Pagelaran Utara, Kabupaten Pringsewu merupakan yang pertama di Indonesia telah melaksanakan PJJ ABDI PATRIOT 3 On. Dengan alat yang sederhana dan terbilang belum memadai, tapi dapat melaksanakannya, ini sebuah kebanggaan bagi kita semua yang ikut terlibat dalam pelaksanaan," ungkap Aris.

Di tempat yang sama, relawan TIK Provinsi Lampung Rifki Indrawan mengucapkan terima kasih kepada Diskominfo Pringsewu yang sudah memfasilitasi, dan kepada seluruh pihak yang sudah bersinergi dan bergotong royong secara baik, inilah bentuk gotong royong dalam pendidikan.

"Diharapkan dapat dukungan dan bimbingan yang konsisten dari jajaran Pemkab Pringsewu, sehingga dapat terus berlangsung dan dikembangkan di tempat lain di Kabupaten Pringsewu selain SDN2 Margosari," harap Rifki.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Kelas II Lampung Enik Sarjumanah, Asisten I Bidang Kemasyarakatan dan SDM Andi Wijaya, Kadis Kominfo Samsir Kasim, Kadis Dikbud Heri Iswahyudi, Kadis Sosial Bambang Suharmanu, dan Kepala Pelaksana BPBD Edi S Pamungkas.