Wali Kota Palembang Launching Sekolah Filial

Palembang - Dinas Pendidikan Kota Palembang, Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar launching Sekolah Filial yang ditujukan untuk anak jalanan dan putus sekolah.

Launching dilakukan Wali Kota Palembang Harnojoyo, di Sanggar Kegiatan Belajar Dinas Pendidikan Kota Palembang, Kecamatan Alang-Alang Lebar, Kamis (12/9).

Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang Ahmad Zulinto, menyampaikan, program Sekolah Filial sebagai bentuk dukungan terwujudnya visi misi Kota Palembang.

"Alhamdulillah dari 3.600 inovasi pendidikan skala nasional, kita masuki 45 besar. Ini sebagai bentuk upaya kita untuk men-sinkronkan dengan visi misi Kota Palembang, yaitu EMAS Darussalam, visi kita mewujudkan Kota Palembang madani, sejahtera, dan merata di bidang pendidikan," kata Zulinto.

Ia menerangkan, Sekolah Filial ini menginduk pada sekolah negeri yang ada di Kota Palembang. Yakni ke SDN 238, SMPN 39 , SMAN 11 Palembang.

"Setiap guru sekolah tersebut dapat juga mengajar di sekolah filial ini dan dibantu guru honorer yang ada di Kota Palembang," kata Zulinto, seraya menyebutkan, saat ini sudah ada 368 anak yang mendaftar di sekolah filial.

Terkait tata cara mendaftar pada sekolah filial, hanya membutuhkan rapor terakhir anak tersebut.

"Tidak ada syarat lainnya. Untuk seragam, perlengkapan, dan lainnya, sudah diakomodir," jelas Zulinto.

Wali Kota Palembang Harnojoyo mengapresiasi keberadaan Sekolah Filial yang digagas Dinas Pendidikan Kota Palembang.

"Alhamdulillah, melalui program Sekolah Filial ini kita berhasil mendapatkan 45 inovasi skala nasional. Melalui ini juga banyak anak-anak yang terbantu dalam mendapatkan kembali pendidikannya, kami apresiasi penuh ini," kata Harnojoyo.

Ia berharap melalui program Sekolah Filial ini tidak ada lagi anak yang putus sekolah karena alasan biaya dan lainnya.

"Mereka kita fasilitasi. Kita berikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat melalui program sekolah ini," ujar Harnojoyo.