Wali Kota Metro Sampaikan Raperda APBD Perubahan 2020

Kota Metro - DPRD Kota Metro mengadakan dua sidang paripurna yang beragendakan penyampaian Pandangan umum fraksi- fraksi sekaligus jawaban Wali Kota Metro tentang penyampaian Raperda Nota keuangan atas Raperda APBD perubahan tahun 2020.

Wali Kota Ahmad Pairin menjawab pandangan umum Fraksi Partai Golkar yang berkaitan dengan optimalisasi pemanfaatan aset daerah. Hal ini sesuai dengan peraturan Wali Kota nomor 16 tahun 2019 tentang tata cara pemanfaatan aset tanah atau bangunan milik pemerintah kota metro dalam bentuk sewa.

“Kami telah melakukan  inventarisir  terhadap aset yang di manfaatkan oleh pihak ketiga atau masyarakat. Kami juga telah memberlakukan sewa terkait dengan pemanfaatan sewa tanah dan sewa bangunan sesuai dengan besaran yang tercantum dalam Perwali dan perjanjian sewa tersebut," katanya.

Terkait dengan pendapat Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Partai Nasional Demokrat, Wali Kota Metro menyampaikan belanja pendidikan merupakan sektor, prioritas setiap tahunnya dimana alokasi anggaran minimal sebesar 20 persen.

Pada tahun 2020 komposisi anggaran untuk sektor pendidikan sudah mencapai 21,05 persen. Sebagaimana klarifikasi yang sudah kami sampaikan kepada pemerintah Provinsi Lampung paska evaluasi RAPBD di awal tahun lalu.

“Selanjutnya di perubahan ini, kami pun telah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan untuk pelaksanaan proses belajar mengajar di masa pandemi COVID-19, termasuk di dalamnya tambahan untuk bantuan operasional sekolah,” tuturnya.

Pairin juga menanggapi Fraksi dari Partai Amanat Bangsa, terkait perencanaan awal untuk kegiatan fisik dilaksanakan di perubahan tahun 2020 ini. Sesuai ketentuan Kementrian PUPR nomor 0204/PR/232 tanggal 26 Mei 2020, maka pemerintah daerah di wajibkan untuk melaksanakan lelang dini bagi usulan dana alokasi khusus bidang fisik tahun 2021. Pemerintah kota telah mengakomodir ketentuan tersebut melalui dinas PUPR pada perubahan anggaran tahun 2020.

Di akhir sambutannya Pairin mengharapkan kegiatan ini mampu memberikan masukkan untuk tahun ke depan.