Ridwan Kamil Tinjau Perkebunan Teh Sinumbra Rancabali

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lahan perkebunan teh sinumbra di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, dengan didampingi Bupati Bandung Dadang M Naser, Selasa (8/9).

Kunjungan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil dalam rangka meninjau masih adanya lahan perkebunan teh yang kurang produktif seluas 1.000 hektar.

Emil mengatakan, nantinya lahan ini akan dialihkomoditikan menjadi agrowisata pertanian terpadu berbasis organik, seperti aneka tanaman sayuran, pakan, perternakan sapi, dan lainnya.

"Perkebunan alih komoditi seperti ini akan menjadi contoh daerah lain di Kabupaten Bandung," ujar Emil.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M Naser menjelaskan, nantinya akan ada kerjasama dengan perguruan tinggi terkait pemanfaatan lahan, jadi masyarakat bisa belajar bagaimana pola tanam yang baik dalam ketinggian di atas maupun dibawah 30 derajat.

"Rencananya akan dikembangkan pula tanaman jahe merah sebagai komoditi unggulan Kabupaten Bandung, seperti halnya tanaman ginseng yang menjadi andalan Korea Selatan. Jahe merah selain menghangatkan, juga bisa mengobati dan menyehatkan, tinggal kualitas pengemasan yang baik dan berkualitas, Sehingga bisa menjadi komoditi ekspor hingga ke mancanegara," ujar Dadang.