BST COVID-19 dari APBD Kabupaten Tanah Datar Didistribusikan

Tanah Datar - Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat berpenghasilan rendah terdampak pandemi COVID-19 yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Tanah Datar untuk penerima lanjutan dan penerima tambahan di distribusikan dalam dua hari dimulai hari ini, Selasa (8/9) ke seluruh nagari se- Kabupaten Tanah Datar.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yuhardi saat meninjau pelaksanaan pembagian BST di Nagari Parambahan Kecamatan Lima Kaum.

“Pencairan dana BST tahap lanjutan ini sebesar Rp16,30 miliar untuk 32.613 KK dengan rincian penerima awal tahap kedua sebanyak 16.648 KK dan ditambah 15.695 KK penerima tambahan," katanya.

Adapun BST bersumber APBD direncanakan diberikan untuk tiga kali penerimaan dimana tahap awal telah diberikan Rp600 ribu per KK, namun karena keterbatasan dan kemampuan APBD serta penambahan KK penerima, terpaksa untuk BST tahap kedua dikurangi menjadi Rp500 ribu.

“Penerima BST tahap awal 16.648 KK akan diberikan satu kali lagi Rp500 ribu dan 15.965 KK tambahan juga satu kali sebesar Rp500 ribu. Hal ini terpaksa kita lakukan karena melihat kemampuan serta keterbatasan kemampuan keuangan daerah,” ujarnya.

Yuhardi juga menghimbau pihak pemerintahan nagari yang mendistribusikan ke penerima hendaknya menerapkan protokol kesehatan COVID-19, sehingga potensi penyebarannya bisa di minimalisir. (KominfoTanahDatar)