Bupati Buton Audiensi dengan Menaker Bahas Pengembangan SDM

Buton - Bupati Buton La Bakry melakukan audiensi dengan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziah terkait pengembangan kapasitas sumber daya manusia dan ketenagakerjaan di kantor Kemenaker, Jakarta, Rabu (9/9).

Bupati Buton La Bakry mengungkapkan, ada tiga hal yang menjadi usulan dari Pemerintah Kabupaten Buton kepada Menaker Ida Fauziyah.

"Pertama berkaitan dengan pengembangan kapasitas sumber daya manusia, pembangunan BLK (Balai Latihan Kerja) dan penyempurnaan sarana dan prasarana BLK yang sudah dimiliki. Kedua, kita juga mengusulkan program padat karya yang fokus pada peningkatan infrastruktur di wilayah pedesaan yang berkaitan dengan wilayah-wilayah produksi pertanian seperti pembangunan jalan usaha tani kiranya dapat dikerjakan secara padat karya sehingga masyarakat dapat meningkatkan produktivitas dan kesejahteraannya. Ketiga berkaitan dengan bantuan subsidi upah (BSU) kiranya dapat diporsikan untuk Kabupaten Buton," kata La Bakry.

La Bakry berharap usulan kepada Kementerian Ketenagakerjaan RI tersebut dapat diakomodir pada tahun 2021.

Sementara itu, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut baik pengembangan SDM di Kabupaten Buton, karena begitu banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan.

Hal ini diamini oleh Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan RI Anwar Sanusi. Menurutnya, segala potensi yang dimiliki Buton hendaknya dapat dimanfaatkan oleh sumber daya manusia di Buton itu sendiri.

"Kalaupun ada tenaga dari luar hanya untuk transfer ilmu saja, tetapi pekerjaan-pekerjaan sudah seharusnya bisa dilakukan tenaga lokal di Kabupaten Buton," ungkapnya.