Camat Tupabbiring Bahas Sinergitas BPD dan Pemdes

Pangkep — Camat Liukang Tuppabiring Wahyudin mengumpulkan perangkat desa yang ada di wilayahnya guna membahas sinergitas antar Pemdes dan BPD. Rapat koordinasi (Rakor) ini pun berlangsung selama dua hari  hingga Sabtu (12/9).

Wahyudin mengatakan, rakor ini untuk peningkatan kapasitas kelembagaan desa, sehingga mampu mengayomi masyarakat ke arah yang lebih baik.

“Sebagai pengawas kinerja pemerintah desa, BPD juga mempunyai tugas dan tanggung jawab yang berat. BPD selaku mitra kerja kades juga harus dibekali dengan pengetahuan yang memadai soal tugas dan fungsinya, sehingga menjalankan tugasnya dengan baik,” katanya.

Wahyudin berharap dengan rapat koordinasi ini tidak ada lagi perselisihan pendapat antar kepala desa dengan BPD. Hasil dari rapat koordinasi ini pun segera diimplementasikan dalam membangun desa.

“Semoga BPD bersama pemerintah desa lebih bersinergi demi membangun desa yang lebih transparan dan akuntabel,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Pangkep, Abdul Haris Has mengaku inisiasi dari camat LK Tuppabiring patut diapresiasi dan dicontoh karena kegiatan tersebut bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan desa. Dia juga berharap, adanya persamaan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD untuk dalam mengayomi dan melayani warga.

“Kami berharap bahwa setelah selesai kegiatan ini tidak ada lagi perbedaan persepsi antara pemerintah desa dengan BPD. Karena BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa,” tegaasnya. (mcpangkajene)