Bupati Aceh Barat Buka Sosialisasi ZIS Kepada Ketua Baitul Mal Gampong dan Khatib

Meulaboh - Bupati Aceh Barat Ramli MS membuka acara Sosialisasi dan Pembinaan Zakat, Infak dan Sedekah kepada Ketua Baitul Mal Gampong dan Khatib Kabupaten Aceh Barat yang diselenggarakan di Aula Bappeda Aceh Barat, Selasa (15/9).

Acara tersebut dihadiri oleh ketua Baitul Mal Aceh Barat dan jajarannya, ketua MPU Aceh Barat, para ketua Baitul Mal Gampong dan khatib dari Kecamatan Johan Pahlawan, Meureubo, Kaway XVI dan Samatiga.

Bupati Aceh Barat Ramli MS, dalam sambutannya menyampaikan terkait zakat di Baitul Mal itu merupakan harta umat, harta tersebut dikelola sesuai ketentuan hukum dan penerimanya pun juga harus sesuai.

Dikatakannya, pihak pengurus zakat harus paham betul ketentuan zakat yang sesuai hukum agama.

"Baitul Mal harus benar-benar tepat dalam menentukan penerima zakat dan harus jujur dalam mengurus harta umat. Mulai saat ini Baitul Mal harus membangkitkan kepengurusan zakat infak, sedakah sesuai ahlussunah wal jamaah," ujarnya.

Terkait pandemi COVID-19, Ramli mengatakan, virus tersebut sudah sampai di Aceh Barat dan sudah ada beberapa masyarakat yang terkontaminasi.

"Untuk itu saya himbau kepada kita semua agar memakai masker dan menerapkan protokol kesehatan," tegas Ramli.

Ditambahkannya bahwa khatib saat di mimbar harus memberikan gambaran dan penjelasan kepada masyarakat yang sesuai fakta terkait wabah COVID-19 yang melanda saat ini.

"Masyarakat jangan takut, jika sakit berobat lah ke rumah sakit atau puskesmas," tuturnya.