Pemkab Langkat Studi Banding ke Aceh Tengah

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menerima kunjungan studi banding sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (15/9).

Sekda Langkat Indra mengatakan, kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka studi banding mengenai upaya Pemkab Aceh Tengah dalam pelaksanaan Kotaku (Kota Tanpa Kumuh), penyusunan Lakip/SIPD, pelaksanaan CSR, pencegahan stunting, pelaksanaan pengarusutamaan gender, serta pelaksanaan SIMDA perencanaan dan keuangan.

“Tujuan kami kemari adalah untuk melakukan studi banding terkait enam item yang menurut kami lebih baik dari kabupaten kami, jadi ingin komparasi dan belajar dari dekat bagaimana Kabupaten Aceh Tengah melakukannya,” katanya Selasa (15/9).

Dijelaskan, selain studi komperatif tentang hal-hal tersebut salah satu alasan Pemkab Langkat melakukan studi banding ke Kabupaten Aceh Tengah adalah juga untuk melihat langsung pengelolaan sektor pertanian dan pariwisata yang yang dinilai cukup berhasil.

“Kami sering mendengar informasi bahwa pengelolaan pertanian dan pariwisata di daerah ini sudah cukup baik, untuk itu kami ingin menambah wawasan dan pengetahuan bagi kami untuk dapat diterapkan di daerah kami melalui studi banding ini,” lanjutnya.

Sementara itu Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Langkat untuk berkunjung, melihat langsung dan dan bertukar informasi bagi pembangunan bagi kedua daerah.

“Sebagai pimpinan daerah kami sangat senang dan bangga karena daerah ini di kunjungi oleh Pemerintah Kabupaten Langkat, selain untuk melihat pembangunan di daerah kami, tentunya kedatangan Bapak/Ibu kesini sudah pasti juga akan berbagi pengalaman dan bertukar informasi tentang berbagai hal yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami,” ungkapnya. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah)