Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Periksa 15 Lokus

Pangkep - Tim Verifikasi Kabupaten Sehat Tahun 2019 yang diketuai Arifin Hutagalung dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengunjungi Pangkep, Selasa hingga Rabu (24-25 September 2019). Tim yang berjumlah empat orang itu mengunjungi sedikitnya 15 lokus yang ada di Pangkep, mulai dari pendidikan, kesehatan, permukiman, pariwisata dan pertanian.   

Diawali dengan kunjungan ke Tempat Pembuang Akhir (TPA) sampah di Bontoa Kecamatan Minasa Tene. Di wilayah itu, tim yang didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pangkep Agus Salim, melihat langsung hasil sampah yang dikelola oleh TPA dan daur ulangnya.   

Kepala Dinas Kesehatan Pangkep Indriaty Latif yang juga turut mendampingi tim Kabupaten Sehat menyebutkan, jika seluruh lokus di Pangkep sudah siap untuk dinilai.

"Selain melihat langsung, tim juga memeriksa administrasi di setiap lokasi tersebut," ujar Indriaty, di Pangkajene, Kamis.   

Sementara itu, Wakil Bupati Pangkep Syahban Sammana saat melepas tim tersebut mengharapkan agar Pangkep dapat meraih kembali penghargaan Kabupaten Sehat Swastisaba, yang merupakan  penghargaan tertinggi dalam ajang kompetisi tersebut.

Untuk diketahui, penilaian Kabupaten Sehat dilakukan setiap 2 tahun sekali dengan melibatkan seluruh sektor di daerah, seperti sektor pendidikan, kesehatan, permukiman, lingkungan hidup hingga program Keluarga Berencana (KB), sumber daya lokal dan pariwisata. (Mcpangkajene)