Petani Aceh Tengah Panen Bawang Merah Melimpah

Takengon – Petani di Kecamatan Lut Tawar, khususnya di Desa Pedemun berhasil memanen bawang merah seluas 30 hektar, Sabtu (19/9).

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Tengah Nasrun Liwanza mengatakan pengembangan komoditi bawang merah bantuan dari Distanbun Aceh tahun 2020 ini seluas 45 hektar, adapun lokasi pengembangannya adalah Kecamatan Lut Tawar seluas 30 hektar dan kecamatan Bintang seluas 15 hektar.

"Tahun ini pengembangan bawang merah bantuan dari provinsi Aceh seluas 45 hektar, kita fokuskan di kecamatan Lut Tawar dan Bintang dan hari ini yang ditanam di kecamatan Lut Tawar sudah bisa kita panen dengan hasil yang sangat memuaskan. kita harapkan tahun depan dapat ditambah dan ditanam di kecamatan yang lain," katanya.

Menurut Nasrun, selain pengembangan komoditi bawang merah yang berasal dari bantuan pemerintah di Kecamatan Lut Tawar dan Bintang para petani juga membudidayakannya secara swadaya dengan areal jauh lebih luas dibanding dengan pengembangan bawang merah yang dibantu oleh pemerintah.

“Bantuan pengembangan komoditi bawang merah ini hanya sebagai stimulan, sebagai bentuk perhatian kita terhadap pengembangan komoditi ini di kabupaten Aceh Tengah, petani disini sudah terbiasa membudidayakannya secara swadaya, jadi ada atau tidak ada bantuan, petani akan tetap menanam bawang merah, karena mereka sudah merasakan hasilnya, mampu mendongkrak kesejahteraan mereka,” ujarnya. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah)