Kepala Kemenag Buton Pantau MTQ Tingkat Sultra

Buton - Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Buton Mansur memantau jalannya pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 di SDN Awainulu Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, Selasa (22/9).

Mansur mengatakan, sebanyak 42 kafilah ikut dalam perlombaan pada delapan cabang lomba MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara tahun ini.

“Kita berharap pelaksanaan MTQ berjalan dengan lancar dan sukses, mudah -mudahan dapat membumikan Al Quran di Buton,” ujarnya.

Ia mengatakan, para kafilah sudah dibekali dengan persiapan dari panitia, dan sebelumnya para peserta yang terpilih telah memenangkan lomba pada MTQ tingkat Kabupaten Buton.

Selain itu, kata dia, guna memastikan para peserta aman dari COVID-19, sebelum perlombaan semua peserta di-rapid test.

“Para peserta ini kita rapid test dulu sebelum lomba, mudah-mudahan semuanya sehat,” ujarnya.

Pada hari pertama pelaksanaan MTQ tingkat Sultra, para peserta mengikuti empat cabang lomba diantaranya tilawah, kaligrafi baik melalui live dengan juri dari provinsi juga dengan rekaman.

“Pelaksanaan lomba ini ada dua cara, live bersama dewan juri dari provinsi juga direkam oleh panitia dan dikirim ke dewan juri,” terangnya.

Untuk lomba yang diikuti diantara juz dan tilawah, kategori 10 juz, 20 juz. Kemurian lomba MSQ Syahril Qur’an, MKQ naskah, Tilawah remaja, Fahmil Qur’an, Tilawah anak-anak, Tilawah Qiraat sab’ah, MHQ 1 juz dan tilawah, MFQ Fahmil Quran, kaligrafi.

Pantauan MTQ tingkat Sultra yang digelar secara virtual digelar dengan lancar. Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Buton menyiapkan seluruh sarana dan prasana pelaksanaan lomba virtual dengan baik.

“Untuk jaringan semua baik, Diskominfo Buton sudah menanggulanginya,” tuturnya.