KTS Serahkan Bantuan Ventilator untuk Aceh Barat

Meulaboh - PT Karya Tanah Subur yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk menyerahkan 1 unit ventilator untuk membantu penanganan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh.

Bantuan ini diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban, disaksikan Dandim 0105 Aceh Barat Letkol Inf Dimar Bahtera, Asisten 1 Setdakab Mirsal, Kepala Dinas Kesehatan Syarifah Junaidah, Direktur RSUD Meulaboh dr Putri Fathiyah.

"Semoga bantuan ventilator ini dapat membantu pasien COVID-19 di Aceh Barat yang mengalami kendala pada pernapasan, agar dapat tertangani dengan baik sampai sembuh," kata Community Development Area Manager PT Karya Tanah Subur (KTS) Riduan Manik didampingi Administratur PT KTS, Martuah Nasution di Meulaboh, Rabu.

Menurutnya, manajemen PT Karya Tanah Subur memahami bahwa COVID-19 ini adalah penyakit yang menyerang sistem pernapasan, sehingga menyebabkan sistem pernapasan pasien berjalan tidak normal sehingga membutuhkan alat bantu untuk bernapas.

Dalam kondisi peningkatan jumlah pasien COVID-19 di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Aceh Barat, kata Riduan Manik, kebutuhan ventilator menjadi sangat vital dalam penanganan penyakit tersebut.

Oleh karena itu, pihaknya mencoba membantu 1 unit ventilator.

Seperti diketahui, ventilator merupakan mesin yang berfungsi untuk menunjang atau membantu pernapasan.

Alat ini dibutuhkan oleh pasien yang tidak dapat bernapas sendiri sehingga pasien mendapat asupan oksigen yang cukup.

"Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab perusahaan terhadap penanganan COVID-19, terutama di Kabupaten Aceh Barat," kata Riduan Manik.

Ia juga menjelaskan, bantuan ventilator ini merupakan salah satu program Nurani Astra dalam rangka penanganan penyebaran COVID-19 di Indonesia.

Bantuan tahap kelima ini menyalurkan 50 ventilator ke 18 provinsi di Indonesia senilai Rp20,8 miliar dan total bantuan dari Astra mencapai Rp151,8 miliar.

Sebelumnya, Nurani Astra juga menyalurkan berupa kendaraan pickup dan truk, ventilator, perlengkapan ICU, sampai dengan paket bahan makanan kebutuhan pokok.

“Semoga Nurani Astra bisa membantu penanganan COVID-19 di Tanah Air," kata Riduan Manik menuturkan.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Barat, Marhaban mengatakan pemerintah daerah menyambut baik atas bantuan yang diberikan PT Karya Tanah Subur, karena alat kesehatan ini memang sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan medis pasien COVID-19 di Aceh Barat.

Ventilator bantuan ini nantinya akan digunakan untuk menangani pasien COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cut Nyak Dhien Meulaboh.