Tingkatkan SDM, BBPSDMP Kominfo Medan Gelar Bimtek di Natuna

Natuna - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dalam rangka pengembangan SDM bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di Kabupaten Natuna, Kamis (24/9).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi masyarakat dalam bidang desain grafis agar dapat berkontribusi membuat kemasan produk, logo, serta untuk meningkatkan pengembangan bakat bidang terkait dalam pembangunan daerah kabupaten natuna.

Kepala BBPSDMP Kominfo Medan Irbar Samekto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah memberi banyak bantuan infrastruktur untuk wilayah 3T, salah satunya Kabupaten Natuna. Ditambah lagi dengan pembangunan proyek Palapa Ring.

"Kominfo telah memberi banyak infrastruktur untuk wilayah 3T termasuk Natuna. Kalau bicara infrastruktur, Natuna saya yakin sudah memperoleh manfaat dari Palapa Ring Barat yang sudah 100 persen selesai," tutur Irbar.

Menurut Irbar, dengan telah adanya infrastruktur telekomunikasi tersebut, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pengembangan bakat atau kemampuan SDM daerah dalam memanfaatkan teknologi informasi salah satunya dengan kemampuan desain grafis.

Ia bersyukur karena di masa pandemi ini, jajarannya masih berkontribusi memberikan pelatihan ke daerah yang berstatus zona hijau, seperti Kabupaten Natuna.

"Natuna berstatus zona hijau, artinya masyarakatnya sehat-sehat. Maka, nikmati kondisi yang ada saat ini," ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Plt Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Natuna Hendra Kusuma menyampaikan bahwa kemajuan teknologi informasi yang semakin pesat membuat keberadaannya kini tentunya memberikan kemudahan untuk penggunanya baik itu dalam mengakomodir pelaksanaan tugas dan sebagai media kreativitas.

"Bicara kreativitas medianya banyak, dalam waktu ke waktu terus mengalami perkembangan. Daya pikir seseorang bisa dituangkan dengan memanfaatkan kemampuan mengoperasikan aplikasi desain grafis untuk membuat banner, spanduk dan karya visual lainnya," kata Hendra.

Menurut Hendra, Kabupaten Natuna juga mempunyai potensi memiliki pemuda yang mampu berkreativitas walaupun terkadang tidak memiliki peluang untuk mengembangkan potensi diri karena kurangnya keterampilan dalam mengoperasikan aplikasi desain grafis.

"Bukan tak mungkin kedepan nanti dengan keterampilan yang didapat dari kegiatan hari ini. Peserta mampu menjadi pemuda kreatif, menampilkan karya bernilai jual dan juga menciptakan lapangan kerja baru," ujar Hendra.

Untuk itu, dirinya menyambut baik kegiatan bimtek ini untuk menggali potensi kreativitas kalangan pemuda Natuna dalam bidang grafis sebagai bentuk kepedulian Kominfo melalui BBPSDMP Medan.