Puluhan UMKM Ikuti "MallUMKM Kediri Sale 2020"

Kediri - Puluhan UMKM di Kota Kediri, Jawa Timur, akan ikut serta dalam kegiatan "MallUMKM Kediri Sale 2020" yang akan digelar pada 25-29 September 2020 dengan menggandeng Tokopedia, perusahaan teknologi marketplace di Indonesia.

"Untuk percepatan UMKM, ini supaya bisa berjualan daring di Tokopedia. Oleh karena itu, pada 25-29 September 2020, akan ada MallUMKM Kediri Sale ini," kata Wali Kota Abdullah Abu Bakar di Kediri, Kamis (24/9).

Ia mengatakan, ada puluhan UMKM di Kota Kediri yang akan ikut serta dalam kegiatan itu. UMKM itu sebelumnya sudah dikurasi oleh tim, sehingga produknya bisa lolos dan ikut serta dalam ajang MallUMKM Kediri Sale 2020 tersebut.

"Saat ini sudah ada 80 yang menjadi inkubasi di Kota Kediri. Ini akan terus bertambah, sehingga outcame adalah UMKM bisa mandiri," kata dia.

Mas Abu, sapaan akrab Wali Kota Kediri menambahkan kegiatan MallUMKM Kediri Sale ini sengaja digelar sebagai bentuk dukungan agar UMKM terus berkembang. Dengan program tersebut, produk mereka bisa dijual di marketplace, sehingga lebih banyak calon pembeli yang bisa melihat produk jualan mereka. Dengan itu pula, diharapkan terjadi transaksi, sehingga produk mereka juga bisa terjual.

Dalam kegiatan tersebut, juga akan ada promosi yang cukup menarik. Nantinya juga akan ada promo, voucher diskon dan cashback hingga 80 persen. Bahkan, terdapat potongan ongkos kirim hingga Rp15 ribu apabila diantarkan oleh aplikasi jasa layanan.

Ia menambahkan, pemerintah kota menilai perlu adanya sebuah media yang mewadahi mereka untuk berjualan, terlebih lagi di masa pandemi COVID-19. Beberapa pemilik UMKM ternyata ada yang belum siap untuk bergabung di marketplace seperti karena ketersediaan bahan, sehingga belum bisa konsisten saat jualan.

Padahal, media digital bisa menjadi salah satu solusi untuk penjualan produk. Potensi penjualan secara daring sangat terbuka luas.

"Jualan daring potensinya besar sekali. Toko sudah mulai tergeser termasuk teman-teman kan mencarinya secara daring. Nanti kami akan analisa penjualannya. Yang jelas ini semangatnya adalah percepatan usaha mereka naik dari offline ke daring. Customer kan juga lebih luas lagi, jualannya tidak hanya di Kota Kediri. Kalau di media sosial pasarnya lebih luas," kata dia.

Untuk Tokopedia dalam kegiatan ini juga akan menampilkan pemilik UMKM yang sebelumnya sudah menggunakan platform mereka untuk berjualan secara daring.

Platform MallUMKM.com juga melibatkan Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Tenaga Kerja Kota Kediri dalam proses pendampingan kualitas produk dan kemasan serta Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Kediri untuk promosi dengan didampingi tenaga profesional di bidang digital marketing.