Kelezatan Kuliner Khas Solo yang Wajib Dicicipi

Solo - Solo merupakan Kota yang terkenal dengan aneka ragam warisan budayanya. Tidak hanya budaya, juga menawarkan berbagai macam kuliner yang patut untuk dicoba. Berikut lima kuliner khas yang wajib anda coba jika berkunjung ke Solo.

  1. Nasi Liwet

Nasi liwet merupakan makanan ikonik dari Solo yang memiliki cita rasa tradisonal yang melegenda. Nasi liwet berisikan nasi putih yang dipincuk (bungkus) menggunakan daun pisang bersama dengan sayur labu siam, ayam suwir, telur rebus, dan disiram dengan santan kental gurih yang disebut areh. Bisa juga menambahkan potongan hati atau ampela ayam, tempe, tahu dan telor bacem sesuai dengan selera. Jika berkunjung ke Solo, Anda akan menemukan banyak penjual nasi liwet di ruas-ruas jalan terutama di malam hari.

  1. Selat Solo

Selat merupakan makanan khas Solo namun sudah mendapatkan pengaruh dari Eropa. Selat Solo ini berupa sup yang dilengkapi dengan aneka sayuran seperti wortel, buncis, tomat, selada dan kentang goreng. Selat juga berisikan irisan telur pindang, potongan daging bistik dan acar yang menambahkan kenikmatan selat solo yang anda santap.

  1. Tengkleng

Tengkleng adalah makanan khas Solo berupa sup yang berisi tulang kambing yang dipadukan dengan kuah mirip gulai namun sedikit lebih cair. Cita rasa pedas, manis dan gurih yang dihasilkan membuat tengkleng memiliki kelezatan tersendiri.

Menurut sejarah, makanan ini dahulunya hanya dimakan oleh bangsawan Belanda karena harga daging kambing yang mahal. Namun, untuk menikmati tengkleng masyarakat biasa mengakalinya dengan membeli tulang, kepala dan kaki untuk bisa memakan tengkleng dengan harga yang lebih murah. Sejak saat itulah tengkleng identik dengan balungan atau tulang.

  1. Timlo

Timlo ini berisi mi soun bihun, suwiran ayam, hati ayam, telur semur, potongan sosis solo dan wortel. Nah biasanya juga ditambahkan dengan kuah sup panas yang menyegarkan. Dan untuk menambah nafsu makan, di atas kudapan ini ditambah dengan taburan bawang merah goreng.

  1. Brambang Asem

Brambang asem merupakan makanan tradisional yang dikenal sebagai kudapan masyarakat Solo. Sama seperti namanya, brambang asem merupakan makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang direbus, beraroma bawang merah dengan rasa pedas, yang bisa disantap dengan kerupuk atau tempe gembus yang terbuat dari ampas tahu. Kuliner ini bisa ditemukan di pasar tradisonal yang ada di Solo.