Kementerian Kominfo Gelar Rakor Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi di NTT

Labuan Bajo - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar rapat koordinasi pembangunan infrastruktur Telekomunikasi di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang dipimpin langsung Menteri Komunikasi dan Informasi Jhony G Plate, Jumat (25/9).

"Pertama-tama saya ingin memberikan apresiasi kepada Gubernur dan para Kepala Daerah Nusa Tenggara Timur yang telah bergabung dalam Rapat Koordinasi Dukungan Pembangunan Infrastruktur Telekomunikasi di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur," katanya.

Dijelaskan, percepatan transformasi digital dan perluasan infrastruktur membutuhkan kolaborasi dan sinergi dari pemerintah pusat dan daerah serta dari operator telekomunikasi dan pemangku kepentingan terkait lainnya agar pembangunan BTS dan layanan akses internet gratis berjalan lancar serta tepat guna dan tepat sasaran.

"Dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi ini, Kementerian Kominfo membutuhkan dukungan pemerintah daerah dalam beberapa hal diantaranya perizinan untuk lahan atau penggelaran kabel untuk BTS, koordinasi dalam hal titik lokasi akses internet, juga kerja sama dalam hal pemanfaatan dan perawatan layanan yang telah dibangun tersebut," terangnya.

Jhony berharap agar rapat koordinasi ini dapat meneguhkan kembali komitmen dan tanggung jawab, serta memperluas peran semua pemangku kepentingan untuk merealisasikan percepatan pembangunan infrastruktur, khususnya di Provinsi NTT.

"Mari bersama-sama kita menyatukan langkah dan visi mendukung transformasi digital Indonesia dan mewujudkan masyarakat Indonesia yang Maju, masyarakat digital Indonesia," ungkapnya.

Sementara itu Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi mengapresiasi dan terima kasih kepada Presiden Jokowi dan Menteri Kominfo Jhony G Plate atas dukungan pembangunan infrastruktur Telekomunikasi di Propinsi NTT.

"Kami berharap pemerintah melalui Kementerian Kominfo memperhatikan jaringan telekomunikasi di wilayah NTT yang kini masih membutuhkan jaringan, sebab kehadiran telekomunikasi mempunyai manfaat sangat besar," ujarnya.

Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch Dula mengungkapkan bantuan akses internet yang akan disalurkan Kementerian Kominfo akan sangat membantu lembaga pendidikan di Manggarai Barat yang kini sedang menggunakan media online dalam proses pembelajaran akibat COVID-19.

"Atas segala perhatian dan bantuan dari pemerintah pusat, kepada Presiden Jokowi kami ucapkan terima kasih banyak, segala bentuk bantuan tersebut sangat bermanfaat untuk kemajuan Manggarai Barat," tuturnya.

(Syarif ab)