Pjs Bupati Sigi Ikuti Rakor Penanggulangan HIV-AIDS dan TBC

Sigi - Pjs Bupati Sigi Sisliandy mengikuti video conference rapat koordinasi Penanggulangan HIV-AIDS dan TBC dimasa pandemi COVID-19 yang dibuka langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola yang diikuti seluruh Kabupaten/Kota se-Sulawesi Tengah.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan saat ini kasus HIV-AIDS yang sudah ditemukan belum semua terakumulatif. Hal ini berkaitan dengan ketersediaan sumber daya,tenaga terlatih, dan sarana penunjang lainnya yang semuanya membutuhkan biaya operasional.

"Dalam masa pandemi COVID-19 upaya penanggulangan HIV-AIDS harus dapat berjalan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor : 440/4532/SJ Tentang Pelaksanaan Penanggulangan HIV AIDS Dan TBC selama pandemi dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya penularan," katanya.

Gubernur berharap agar para Dinas Kesehatan di Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten/Kota untuk menindak lanjuti dengan merencanakan kegiatan tersebut sesuai petunjuk standar pelayanan minimal dalam rangka pencapaian target, para Sekretaris KPA Provinsi, Kabupaten, dan Kota agar aktif melakukan koordinasi dengan OPD terkait serta anggota KPA lainnya,.

"Selain itu OPD terkait mengintegrasikan kegiatannya dalam penanggulangan sesuai tupoksi masing-masing melalui kerjasama dan koordinasi yang baik, kita akan bisa menekan laju perkembangan epidemi HIV AIDS menuju ketiga zero," ujarnya.