Dandim Sumbawa Barat Ajak Warga Majukan Kesenian Daerah

Sumbawa Barat - Dandim 1628/Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi  mengajak masyarakat untuk tetap memajukan kesenian daerah adat Sumbawa di tengah perkembangan digitalisasi dan modernisasi seperti saat ini.

Harapan itu diungkapkan dalam acara lomba kesenian adat Ratob Rebana dan Bagontong dalam rangka menyambut HUT ke-75 TNI tahun 2020 di Makodim KSB Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), kemarin.

Dandim KSB mengatakan lomba kesenian adat Sumbawa ini selain dalam menyambut HUT ke-75 TNI, juga dapat menyatukan silaturahmi dan mempererat persaudaraan antara rakyat dengan TNI serta untuk memupuk rasa cinta kepada kesenian daerah.

“Selain dalam rangka HUT TNI, Acara ini dalam rangka untuk mempererat silaturahmi dan memupuk rasa cinta kepada tradisi dan kesenian daerah yang semakin lama semakin tenggelam,” ujarnya.

Lebih lanjut, kesenian adat atau tradisi yang unik harus tetap dipertahankan karena mengandung nilai sejarah yang tinggi bagi Sumbawa bahkan Indonesia.

Dalam lomba tersebut, Dandim mengajak masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun di air mengalir.

“Mari kita tetap mematuhi protokol kesehatan, di sejumlah titik di Kodim ini sudah kami siapkan tempat cuci tangan beserta sabunnya,” tegasnya.