Peran Media Sangat Strategis Menjaga Kondusifitas

Sumbawa Barat – Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polda NTB Kombes Pol Artanto meminta media di Kabupaten Sumbawa Barat berperan aktif dalam membantu aparat kepolisian dalam menciptakan Kamtibmas, terlebih dalam masa Pilkada dan pandemi COVID-19.

"Media adalah pasukan terdepan di dunia maya untuk memberikan informasi yang baik untuk di konsumsi publik, sementara pasukan di dunia nyata adalah aparat Kepolisian," katanya Jumat (2/10).

Menurut Artanto, di zaman yang serba digital dan modern seperti saat ini, informasi sangat cepat di dapat oleh masyarakat melalui media sosial dan media online lainnya.

"Karenanya peran media sangat strategis dalam membantu aparat Kepolisian menjaga kondusifitas," ujarnya.

Dalam masa pandemi COVID-19 dan Pilkada seperti saat ini, Artanto berharap wartawan cerdas memilih angel berita sehingga sebuah peristiwa atau kriminalitas dapat ditampilkan secara berimbang agar dapat mencerahkan masyarakat.

“Saya datang kesini sebagai Pamatwil Pilkada dan sebagai perpanjangan tangan Kapolda NTB untuk berkomunikasi secara langsung dengan Kapolres, juga memonitor dan mengawasi situasi Kamtiibmas di KSB selama Pilkada bergulir,” tuturnya.

Strategi-strategi dan cara penyampaian media kepada publik sangat terpengaruh terhadap Kamtibmas karena masyarakat saat ini membutuhkan akan informasi.

“Polisi dan wartawan harus menyatu, Kapolres menciptakan keamanan dan media yang menyebarluaskannya,” terangnya.