Kembangkan Kewirausahaan Siswa, SMKN 1 Batang Gelar Workshop Barista

Batang - Sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Batang menggelar workshop pelatihan barista tingkat dasar untuk mengembangan potensi wirausaha siswa di Aula SMK Negeri 1 Batang, Jumat (2/10).

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas SMK 1 Negeri Batang Sri Siyamsah mengatakan, pelatihan barista kopi ini dilakukan karena sudah menjadi program untuk mengembangkan kewirausahaan para siswa yang ada dalam mata pelajaran sekolah.

Kebetulan tren sekarang adalah kopi,  bekerjasama dengan CV Batang Coffee menyelenggarakan pelatihan ini, tujuannya siswa tidak hanya mendapatkan bekal pelajaran materi saja tentang wirausaha tetapi prakteknya juga, kemudian bisa membuka mindset dan dapat mendapatkan live skill dari pelatihan ini.

“Siswa yang mengikuti workshop pelatihan barista kopi dari kelas 12, setiap kelas diambil 3 orang dan total pesertanya sendiri ada 36 orang, yang dibagi dalam 2 hari agar dalam penyelenggaraan ini kita tetap mematuhi protokol kesehatan. Para siswa juga wajib menggunakan face shield saat mejalani kegiatan dan sebelum masuk ruangan diwajibkan cuci tangan terlebih dahulu,” terangnya.

Sementara itu, Kepala CV Batang Coffee Rifani Zuniyanto mengatakan, dalam pelatihan barista tingkat dasar ini penyampaian materi dilanjutkan dengan praktek secara langsung kepada siswa SMK Negeri 1 Batang.

“Materi yang diberikan pelatihan barista tingkat dasar diantaranya pengertian dasar barista tentang jenis kopi, karakteristik kopi, cita rasa kopi yang benar, cara menyeduh kopi yang benar, dan memberikan pengetahuan tentang alat-alat seduh kopi sendiri,” jelasnya.

Dijelaskannya, semua materi itu syarat dasar menjadi seorang barista untuk menguasai kamampuan membuat kopi yang bagus, karena dalam dunia kopi yang perlu diperhatikan kualitas biji kopi dan penyeduh kopinya, beda barista beda rasa seduhan kopinya  meski pun kopi yang digunakan sama.

Diharapkannya, di Kabupaten Batang makin banyak barista baru yang akan muncul dengan kualitas yang baik dan bagus untuk meningkatkan persaingan kemampuan berstandar tinggi.