Kemkominfo Gelar Pelatihan Jurnalistik Bagi ASN Secara Daring.

Labuan Bajo - Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pengelola media center Dinas Komunikasi dan Informatika seluruh Indonesia secara webinar Zoom Meeting, Senin (12/10).

Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama lima hari dari tanggal 12-16 Oktober 2020 melalui metode online dengan tema Jadi Pinter Bareng Kominfo Newsroom (Jarkom).

Direktur Jenderal (Dirjen) Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo dalam sambuntanya saat membuka kegiatan secara daring mengatakan ASN perlu memiliki kemampuan dalam menulis dalam meningkatkan kualitas informasi mengenai kebijakan, penyelenggaraan tugas pemerintahan dan pembangunan daerah kepada masyarakat.

"Memiliki keterampilan menulis narasi sesuai dengan kaidah jurnalistik terkait program pemerintah merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh para Aparatur Sipil Negara (ASN)," katanya

Tujuannya, lanjut Dirjen Widodo masyarakat memahami tujuan pemerintah dalam membuat masyarakatnya lebih sejahtera.

Dirjen Widodo menyampaikan kita bisa komunikatif karena kesuksesan itu sebetulnya diterima dari apa yang kita sampaikan dan orang lain bisa mengerjakan. Jadi kesuksesan itu tergantung pada keberhasilan kita meyakinkan orang lain.

Menurut Dirjen IKP tersebut, seiring dengan perkembangan zaman saat ini para ASN dituntut dapat memiliki keterampilan menulis yang baik melalui pelatihan jurnalistik. Mengingat, penggunaan ruang digital yang lekat dengan medium tulisan semakin diminati masyarakat luas, alhasil kemampuan menyusun narasi tulis yang baik berpotensi menarik perhatian khalayak ramai.

“Kompetensi jurnalistik untuk menulis itu perlu kita pelajari dan ketahui. Latih setiap hari supaya kita punya kompetensi itu supaya tulisan-tulisannya di media mampu memberikan informasi, meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja berbagai program pemerintah," ungkap Dirjen IKP tersebut.

Kegiatan pelatihan Jurnalistik untuk ASN pengelola media center menghadirkan pemateri yang berkompeten dalam dunia Jurnalistik diantaranya Konsultan Konten Fransisca Ria Susanti dengan tema mengemas berita seremonial menjadi menarik.

Kemudian pemateri dari media Indonesia.go.id Elvira Indah Sari dengan tema sudut pandang pemberitaan untuk media perintah, dan Dwi Tri Waluyo dari media infopublik.id dengan tema tip dan trik wawancara narasumber.

(Syarif ab)