Kembangkan Puncak Aua Sarumpun, Reza Wakili Sumbar Lomba Pemuda Pelopor Tingkat Nasional

Tanah Datar - Puncak Aua Sarumpun yang terletak di Kecamatan Rambatan Kabupaten Tanah Datar memiliki pesona yang indah dan menarik, hawa yang sejuk dan pemandangan yang indah, dan dapat melihat danau Singkarak secara keseluruhan.

Sebelumnya pesona nan indah itu belum tertata dengan baik sehingga setiap pengunjung yang datang hanya sekedar berswafoto atau selfi terus pergi karena tidak ada yang membuat mereka betah berlama-lama di Puncak Aua Sarumpun tersebut.

Namun, saat ini semua itu berubah berkat salah seorang pemuda Reza Cancer Randa bersama rekan-rekannya  dan juga pihak pengembang objek wisata Aua Sarumpun, menata kawasan tersebut menjadi sebuah destinasi wisata di Tanah Datar yang patut dikunjungi.

Berkat kegigihan dan kerja keras itulah Reza Cancer Randa menjadi Pemuda Pelopor terbaik tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mengantarkannya mewakili Provinsi Sumatera Barat ke tingkat nasional, penilaiannya dilakukan secara Fact Finding Virtual di Aula Eksekutif Kantor Bupati Tanah Datar dan dinilai langsung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Jumat (09/10).

Diceritakan Reza, usai pemaparan dan sesi tanya jawab dengan pihak kementerian, saat ini Aua Sarumpun tengah berbenah dengan konsep sapta pesona agar setiap pengunjung betah berlama-lama, nyaman dan aman di Aua Sarumpun.

"Saat ini Aua Sarumpun sudah ditata dengan baik, seperti warung-warung makanan, tiketing yang jelas, penambahan spot foto dengan memanfaatkan pepohonan serta wahana lainnya yang terus ditambah oleh pihak pengembang," tuturnya.

Menurut Reza yang membuat dirinya punya inisiatif untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan membuat pengunjung betah dengan konsep kembali ke alam.

"Sebelum ini pengunjung datang dan pergi, dan tak ingin kembali, tidak adanya tiket masuk dan tidak adanya manajemen pengelolaan, kalau dilihat jumlah kunjungan dari tahun 2017 lalu  sekitar 28.000 orang hingga tahun 2019 sudah mencapai 50.744 orang," terangnya.

Reza juga menyebutkan saat ini di Puncak Aua Sarumpun sudah ada berbagai fasilitas dan wahana seperti home stay, gedung pertemuan, pangung pertunjukan, kolam renang, flying fox, sepeda gantung dan berbagai wahana lainnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tanah Datar Abdul Hakim mengatakan  penilaian pemuda pelopor tahun 2020 ini Kabupaten Tanah Datar mengirim ke provinsi empat bidang yaitu bidang Pangan, Seni Budaya, Pengelolaan Sumber Daya Alam Lingkungan dan Pariwisata dan Pendidikan.

"Yang lolos adalah bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam Lingkungan dan Pariwisata atas nama Reza dan menjadi juara satu tingkat Provinsi Sumatera Barat dan mewakili ke tingkat nasional, hari ini diadakan penilaian atau penyampaian presentasi secara virtual atau daring," ujarnya. (KominfoTD)