Congko Lokap Gendang Tango, Pjs Bupati: Budaya Manggarai Harus Diwariskan

Manggarai- Nilai-nilai budaya Kabupateb Manggarai harus terus diwariskan kepada generasi-generasi berikut. Hal ini disampaikan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Manggarai Zeth Sonny Libing, dalam kunjungannya ke Kampung Tango, Desa Ketang, Kecamatan Lelak dalam puncak acara Congko Lokap, Jumat (16/10/2020).

Disambut di persimpangan menuju kampung, lalu berjalan dalam iringan lagu adat menuju rumah adat, Pjs Bupati Manggarai Zeth Sonny Libing yang berasal dari Kabupaten Alor ini merasa sangat terhormat. ini disampaikannya dalam ritus "kapu', saat tiba di dalam Rumah Gendang Tango.

"Kita harus tetap mewarisi nilai-nilai budaya kita kepada generasi muda, mereka harus belajar dari peristiwa ini untuk mewariskan kepada generasi-generasi selanjutnya," ujarnya.

Ia mengatakan, sebagai orang yang bukan dari Manggarai, saya sangat menikmati acara ini.

"Saat saya kembali ke Kupang dan juga Alor, saya akan menceritakan ini kepada orang lain, bahwa inilah tradisi Manggarai," lanjutnya.

Selain itu, Pjs Bupati Manggarai Zeth Sonny Libing memberikan pesan tentang situasi yang sedang hangat di Manggarai, yakni merebaknya wabah virus corona dan persiapan menjelang Pilkada 2020.

"Saya minta kita tetap menjaga protokol kesehatan, kita berusaha untuk selalu mencuci tangan, menjaga jarak dan menjaga kesehatan agar imunitas tubuh kita tetap fit," ujarnya.

Ia berpesan untuk menjaga suasana yang aman dan damai jelang Pilkada 2020.

"Masyarakat memilih sesuai dengan suara hatinya tanpa suasana tertekan," tambahnya.