Bupati Kubu Raya Puji Peran Madrasah Bangun Karakter Generasi Muda

Kubu Raya – Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi kiprah para guru madrasah di Kabupaten Kubu Raya. Ia menilai peran madrasah sangat signifikan dalam pembentukan karakter generasi muda, khususnya menyikapi tantangan perubahan zaman. Dirinya bahkan menyebut madrasah sebagai aset penting bagi Kubu Raya.

“Bukan hanya banyaknya yang kita banggakan, tapi mudah-mudahan ini benteng yang kokoh dan karakter yang kita perkuat sama-sama. Justru di era di mana kita menghadapi tantangan yang sangat berat bagi anak-anak ke depan,” tuturnya saat menghadiri pelantikan Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran Kecamatan Sungai Ambawang dan Kuala Mandor B di Hotel Dangau Kubu Raya, Kamis (15/10).

Muda mengatakan, upaya membangun karakter kaum muda sejatinya merupakan kerja bersama semua pihak. Alih-alih hanya tanggung jawab madrasah maupun pesantren. Karena itu, seluruh elemen harus bersinergi dalam mewujudkan hal tersebut. Terlebih di era digital dan disrupsi yang sangat cepat, di mana seluruh bagian dunia telah terkoneksi satu dengan lainnya, sehingga langkah-langkah cepat juga harus diambil untuk mengantisipasi semua potensi dampak kemajuan teknologi.

“Semua elemen harus sama-sama kepung bakul untuk membuat bagaimana agar anak-anak kita terdidik. Dan yang paling penting tetap terjaga sesuai harapan dalam memunculkan karakter kemandirian. Tentu tanggung jawab kita bersama, di sinilah kita membangun strategi kepung bakul agar semua ikut mengepung generasi,” ajaknya.

Ia menyebut madrasah berada di garis depan dalam upaya mencapai visi Kubu Raya yang bahagia. Sebab pendidikan yang dilakukan untuk mencerdaskan anak bangsa hakikatnya adalah demi mengejar kebahagiaan.

“Yang bertanggung jawab terhadap kaum tidak terdidik itu adalah kaum terdidik. Pemerintah kabupaten menyadari bahwa keberadaan madrasah dan semua kelembagaannya menjadi bagian yang justru sangat penting,” ucapnya.