Bawaslu Barito Utara Gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu OMS dan Media Massa

Bawaslu - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Barito Utara menggelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Pemilu Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dan Media Massa pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2020 di Aula Hotel Armani, Muara Teweh, Senin (19/10). Acara sosialisasi ini dibuka oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara, Alamsyah.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kabupaten Barito Utara, Alamsyah menyampaikan, Bawaslu adalah lembaga penyelenggara pemilu yang bertugas mengawasi penyelenggaraan pemilu di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Ia menjelaskan, Bawaslu diatur dalam bab IV Undang-undang Nomor 15 Tahun 2011. Tentang Penyelenggara Pemilihan Umum. Keanggotaan Bawaslu terdiri atas kalangan professional yang mempunyai kemampuan dalam melakukan pengawasan dan tidak menjadi anggota partai politik. Dari Tugas pokok dan fungsi tersebut bawaslu mengemban tugas dalam menciptakan situasi dan kondisi suasana politik yang damai, tertib, serta sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kabupaten Barito Utara M. Iman menjelaskan bahwa Dinas Kominfosandi selaku perangkat daerah yang membidangi bidang informasi turut serta membantu masyarakat dalam hal penyampaian informasi serta edukasi kepada warga masyarakat melalui media-media resmi pemerintahan seperti website, Instagram, Twitter, Facebook, dan radio pemerintah daerah yaitu Lembaga Penyiaran Publik Lokal Batara FM.

Ia juga menambahkan, dalam pilkada yang akan dilaksanakan serentak pada 9 Desember mendatang diharapkan seluruh warga masyarakat Kabupaten Barito Utara dapat bijak dalam menggunakan sosial media, jangan sampai pilkada diciderai dengan berita-berita hoaks atau tata cara penyampaian aspirasi yang melanggar peraturan.

"Mari ciptakan Pilkada 2020 yang tertib, aman dan damai serta dengan situasi dan kondisi yang kondusif. Gunakan media informasi dengan bijak dan sesuai peraturan yang berlaku serta hindari informasi-informasi yang bersifat hoaks. Masyarakat diimbau untuk mencari informasi dari media-media yang jelas sehingga penyampaian informasinya jelas, tepat dan akurat," ujarnya.

Acara dihadiri oleh Ketua Bawaslu Barito Utara, Alamsyah, Plt Kesbangpol Masdulhaq, Kepala Dinas Kominfo Sandi M. Iman Topik, Ketua PWI Barito Utara, Herman, tim pemenangan vagub dan cawabup masing-masing paslon, partai politik, mahasiswa, pers, ormas dan tamu undangan lainnya.