Bupati Barito Utara Dampingi Plt Gubernur Kalteng Tinjau Tanaman Bawang RJIT

Barito Utara - Plt Gubernur Kalimantan Tengah Habib Ismail Bin Yahya Kalimantan Tengah beserta Rombongan didampingi Bupati Barito Utara, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, dan Unsur FKPD melakukan Kunjungan Kerja Sekaligus Peninjauan Tanaman Bawang Rehabilitasi Jaringan Irigasi Tersier (RJIT), kemarin.

Plt Gubernur Kalteng mengapresiasi petani yang berada di Kabupaten Barito Utara khususnya di Dusun Transbangdep yang sukses dalam tanaman bawang juga budi daya hewan ternak sapi dan akses keluar masuk air pertanian di irigasi serta lahan.

"Dengan langkah yang dilakukan petani bawang yang menanam lalu di panen dan di jual tetap di dalam daerah. Hal ini diharapkan diharapkan memotivasi petani lebih aktif dan kreatif lagi mengolah dan memanfaatkan lahan tidur 600 hektar," katanya.

Pada saat pertemuan dengan warga, Plt Gubernur akan mengakomodir usulan kelompok tani dengan menindaklanjuti pembuatan jalan usaha tani dan akan memberi bantuan alat garap pertainan pupuk sebagai modal awal, juga irigasi parit pembuangan air sawah dan Plt Gubernur juga memerintahkan Pemerintah Kabupaten Barito Utara membantu para petani dalam usahanya baik itu penjualan ataupun bantuan awal pupuk serta bibit untuk tidak segan-segan meminta bantu pemerintah setempat untuk keperluan masyarakat tani.

Bupati Barito Utara Nadalsyah dalam kesempatan ini kepada masyarakat tani Di Dusun Transbangdep menyampaikan untuk tidak segan meminta bantuan ke pemerintah, serta mendengar usulan masyarakat untuk modal awal supaya ke depannya bisa berusaha mandiri, juga dibantu mesin dan peralatan.

"Yang penting masyarakat tetap semangat dan selalu giat bekerja," ungkapnya.

-Diskominfosandi-