Ulama Diharapkan Ikut Serta Jaga Kondusifitas Pilbup Pandeglang 2020

Pandeglang - Pjs Bupati Pandeglang Gunawan Rusminto membuka Rapat Kerja Daerah Ke-V Majelis Ulama Indonesia di Aula Gedung MUI Kabupaten Pandeglang, Rabu (21/10).

Dalam sambutannya, Gunawan mengatakan, peran ulama sangat penting dalam pelaksanaan kehidupan bermsyarakat. Apalagi dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang. Tentunya peran ulama dalam menjaga kondusifitas sangatlah penting.

“Jadi saya meminta doanya kepada seluruh ulama di Kabupaten Pandeglang agar pelaksanaan Pilkada berjalan lancar dan aman,” ungkapnya.

Ditambahkan Gunawan, suhu politik di Kabupaten Pandeglang pastinya akan naik selama pelaksanaan Pilkada tersebut jadi diharapkan para ulama dapat menyejukan suasana tersebut.

“Dalam demokrasi tentunya akan ada perbedaan yang akan membuat suasana agak sedikit panas, disitulah kami harapkan peran para ulama dapat menjadi penyejuk dalam menyikapi perbedaan tersebut,” Tegasnya.

Sementara itu, Ketua MUI Kabupaten Pandeglang Tubagus Hamdi Maani mengatakan, dalam rakerda kali ini menjadi momentum untuk mengevaluasi kinerja MUI baik pengurus kabupaten maupun  kecamatan dalam menjaga kerukunan umat.

“Program kerja MUI akan dibahas dalam Rakerda, mana yang sudah tercapai dan yang belum. Tentunya permaslahan umat juga menjadi isu yang akan dibahas," ucapnya.

Hamdi Maani menjelaskan, pelaksanaan Pilkada 2020 dan juga ibadah di tengah pandemi COVID-19 menjadi isu yang akan dibahas dalam rakerda kali ini.

“Ulama harus turut aktif menjaga kondusifitas pelaksaanaan Pilkada dan juga dimasa Pandemi seperti ini umat harus tetap disiplin mejaga protokol kesehatan dalam pelaksanaan ibadah yang sifatnya berjamaah," ujarnya.