TMMD Reguler Berakhir, Dandim Serahkan Hasil Kepada Bupati Aceh Tengah

Takengon – Kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar oleh jajaran Kodim 0106/Aceh Tengah sejak sebulan yang lalu, akhirnya ditutup dengan menghasilkan beberapa pekerjaan fisik dan non fisik.

Acara penutupan TMMD Reguler Ke-109 Tahun Anggaran 2020 yang dilaksanakan di Desa/Kampung Pantan Musara dan Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah ini ditandai dengan penyerahan hasil TMMD oleh Dandim 0106 Letkol Inf Teddy Sofyan kepada Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar di Operation Room, Setdakab Aceh Tengah, Rabu (21/10).

Penandatanganan dan penyerahan naskah serah terima pekerjaan TMMD dari Dandim 01006 selaku Dansatgas TMMD kepada bupati Aceh Tengah tersebut juga disaksikan oleh Pandam Iskandar Muda yang diwakili oleh Kapoksahli Kodam IM Brigjen TNI Bambang Indrayanto.

Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar, dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh jajaran anggota TNI, khususnya Kodim 0106/Aceh Tengah, masyarakat dan semua pihak yang telah ikut berperan aktif dalam mensukseskan kegiatan TMMD.

Menurut Shabela, kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberi dampak positif kepada masyarakat Kabupaten Aceh Tengah, terutama masyarakat di sekitar lokasi TMMD.

“Atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Aceh Tengah, kami berterima kasih kepada segenap jajaran TNI dan semua pihak yang telah mendukung terlaksananya program TMMD yang telah berjalan selama sebulan penuh dan berakhir pada hari ini. Kegiatan ini sangat bermanfaat dan memberi dampak positif kepada masyarakat kabupaten Aceh Tengah, khususnya di sekitar lokasi TMMD," ujar Shabela.

Bupati Shabela secara khusus juga memberikan apresiasi kepada masyarakat di sekitar lokasi TMMD yaitu masyarakat Kampung Pantan Musara dan Wih Ilang, Kecamatan Pegasing, atas kerjasama, sinergi dan partisipasi aktif masyarakat setempat dalam mendukung pelaksanaan TMMD ini.

“Kepada masyarakat Kampung Pantan Musara dan Wih Ilang, kami juga menyampaikan apresiasi atas dukungan, sinergi dan partisipasi aktifnya dalam menyukseskan program TMMD, semoga hasil dari bakti TNI ini memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan, khususnya dalam memperlancar akses transportasi dan pemberdayaan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Dansatgas TMMD yang juga Komandan Kodim 0106 melaporkan bahwa kegiatan TMMD yang digelar selama sebulan ini telah menyelesaikan kegiatan fisik berupa pelebaran jalan sepanjang 4.200 x 6,5 meter, pengkerasan jalan sepanjang 4.200 x 4 meter, pemasangan gorong-gorong sebanyak 4 titik dan pembuatan jembatan sebanyak 1 unit.

Selain kegiatan fisik berupa pembangunan infrastruktur transportasi, para anggota TNI Satgas TMMD-109 ini juga melaksanakan kegiatan non fisik berupa pelayanan kesehatan, pembinaan dan penyuluhan tentang behaya narkoba, wawasan kebangsaan serta upaya menangkal terorisme dan radikalisme.

Dalam kesempatan itu, Dandim 0106/Aceh Tengah Letkol Inf Teddy Sofyan juga mengucapkan terima kasih atas kebersamaan jajaran forkopimda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang sudah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan program TMMD Reguler Ke-109 TA 2020.

Teddy juga menyampaikan terima kasih kepada warga masyarakat kampung Pantan Musara dan Desa Wih Ilang, Kecamatan Pegasing karena selama 30 hari sejak 22 September hingga 21 Oktober 2020, telah bersama anggota TNI melakukan pekerjaan fisik maupun non fisik guna mensukseskan pelaksanaan program TMMD yang tahun ini mengakat tema "Pengabdian Untuk Negeri".

"Kita telah berupaya agar target berhasil dicapai dengan lancar dan maksimal, sebagai salah satu upaya sinergitas dengan pemerintah daerah dalam rangka percepatan pembangunan dengan semangat mengatasi permasalahan sosial yang dihadapi masyarakat saat ini. Untuk ini kami menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati dan jajarannya, dan lebih khusus kepada masyarakat kampung Pantan Musara dan Wih Ilang, atas dukungan dan partisipasi aktifnya sehingga seluruh kegiatan yang telah kita agendakan dalam TMMD tahun ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat waktu," ungkap Teddy.

Senada dengan bupati, Dansatgas juga berharap apa yang dilaksanakan melalui program TMMD ini bermanfaat dan membawa kesejahteraan serta kemaslahatan bagi masyarakat.

Teddy juga berpesan, hasil dari pekerjaan fisik TMMD ke 109 di kabupaten Aceh Tengah ini, dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mendukung aktifitas ekonomi masyarakat dan juga ikut memeliharanya, sehingga manfaat dari kegiatan fisik tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi cCOVID-19, dan masih terjadi penambahan kasus konfirmasi positif di Aceh, acara penutupan TMMD ini digelar secara terbatas dengan penerapan protokol kesehatan ketat.