Sanggar Budaya Hamiluhung Kubu Raya Adakan Festival Dalang Bocah dan Muda

Kubu Raya - Festival Dalang Bocah dan Dalang Muda Tingkat Nasional dilakukan secara virtual di Sanggar Budaya Hamiluhung, Kabupaten Kubu Raya pada Minggu, (2510).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) pusat tersebut dalam rangka memperingati Hari Wayang Nasional pada 7 November mendatang.

Ketua PEPADI Provinsi Kalimantan Barat Slamet Harjo mengatakan adanya festival dalang ini merupakan perwujudan dari UNESCO bahwa wayang merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan sehingga diharapkan para generasi muda tertarik untuk melestarikan.

Kabupaten Kubu Raya pada tahun ini mendapat kesempatan menjadi tuan rumah oleh PEPADI Provinsi Kalimantan Barat, sebagai upaya saling dorong untuk menciptakan budaya yang semakin mengudara. Kalimantan Barat mengirimkan 3 dalang terdiri dari 1 dalang bocah dan 2 dalang muda.

Nantinya, rekaman kegiatan ini akan dikirimkan ke Jakarta untuk dinilai.

"Kami optimis mendapat hasil yang maksimal. Selain itu, juga ingin membangkitkan wayang kulit untuk digemari oleh para remaja sehingga wayang kulit tetap dikenal hingga nanti," tegasnya.