Pemkab Pringsewu Peringati Hari Santri Nasional

Pringsewu Barat — Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) Tahun 2020 di Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya istighotsah di Makam KH.Ghalib, seorang pahlawan sekaligus tokoh ulama besar Lampung di Kelurahan Pringsewu Barat, Rabu (21/10).

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi mengatakan peringatan Hari Santri Nasional yang ditetapkan setiap tanggal 22 Oktober oleh Presiden Joko Widodo berdasarkan Keputusan Presiden RI No.22 Tahun 2015, merupakan penghargaan pemerintah terhadap peran para ulama dan santri yang ikut memperjuangkan kemerdekaan RI dan diperingati secara nasional.

"Pemkab Pringsewu mengajak seluruh elemen untuk bersama-sama memaknai dan meneladani perjuangan para ulama dan santri," katanya.

Terkait KH.Ghalib, Wabup Pringsewu mengatakan jika pihak keluarga dan ahli waris menyetujui, usulan untuk menjadikan KH.Ghalib sebagai Pahlawan Nasional untuk dapat diproses.

"Saya meminta dinas sosial dan dinas terkait lainnya untuk segera menindaklanjuti," ujarnya. (*/ Prokopim Pemkab Pringsewu / ∆nton Hapsara)