Pemkab Sigi dan Yayasan Buddha Tzu Chi Tandatangani Perjanjian Huntap dengan Masyarakat

Sigi - Pemerintah daerah Kabupaten Sigi bersama pihak Buddha Tzu Chi melaksanakan penandatanganan perjanjian hunian tetap dengan masyarakat yang akan menempati hunian tersebut, sekaligus penarikan nomor blok rumah oleh masing-masing calon penghuni 500 unit rumah hunian tetap tersebut, Minggu (25/10).

Kegiatan ini dibuka langsung Pjs Bupati Sigi Sisliandy bertempat di aula pertemuan Pesantren Madinatul Ilmi, Dolo.

Hadir juga pada kesempatan itu, Kasiter Satgas Percepatan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Sulawesi Tengah, Kapolres Sigi, Perwira Penghubung Kodim 1306/Donggala, Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Kepala BPBD, Camat Sigi Biromaru, Camat Sigi Kota.

Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Iskandar Nongtji, selaku Ketua Panitia Pelaksana kegiatan tersebut menyampaikan bantuan hunian tetap yang berasal dari Yayasan Buddha Tzu Chi yaitu sejumlah 500 unit, dengan progres hingga saat ini yaitu siap huni dan akan diserahkan kuncinya yaitu sejumlah 105 unit, sedangkan sisanya masih dalam proses penyempurnaan dan pembangunan.

"Diharapkan akan segera selesai dan dapat ditempati oleh masyarakat. Bangunan huntap ini juga dilengkapi dengan beberapa furnitur yaitu satu unit ranjang (tipe 160x200), satu unit ranjang susun, satu unit meja makan, empat kursi lipat, tiga unit krei jendela, dan satu unit ember 80 liter serta gayung," katanya.

Pihak Buddha Tzu Chi diwakili Joe Riyadi, selaku Koordinator Verifikasi Konstruksi dan Rehabilitasi Sulawesi Tengah mengatakan harapan bahwa rumah hunian tetap Cinta Kasih ini dapat memberikan ketenangan batin, jiwa, raga, dan dapat berkumpul bersama keluarga.

Yayasan Buddha Tzu Chi melalui perwakilannya juga berharap agar masyarakat yang akan menghuni huntap dapat menjaga dan merawat rumah yang akan ditempati.

Sementara itu Pjs Bupati Sigi Sisliandy dalam sambutannya mengungkapkan pemerintah daerah berterima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Yayasan Buddha Tzu Chi yang telah memberikan bantuan, serta kepada TNI dan POLRI yang senantiasa berdampingan dengan pemerintah dalam pelaksanaan pembangunan hunian tetap tersebut.

"Pemkab Sigi berharap huntap ini akan memberikan manfaat yang sebaik-baiknya bagi masyarakat," ujarnya.

Terkait dengan fasilitas umum seperti jalan, drainase, dan air, beliau menyampaikan proses terus dilakukan dan pemerintah daerah terus berupaya dan melakukan koordinasi dengan pihak terkait.