Pemkab Garut Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda


Garut - Pemerintah Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-91 dengan upacara bendera di Alun-Alun Kabupaten Garut, Senin (28/10).





Hadir dalam acara tersebut, Bupati Garut Rudy Gunawan yang sekaligus menjadi inspektur upacara, Wakil Bupati Garut Helmi Budiman, Sekda Garut Deni Suherlan, Kapolres Garut AKBP Dede Yudi Ferdiansah, Dandim 0611/Garut Letkol Inf Erwin Agung Teguh Wiyono Andrianto, anggota DPRD Garut, Kejaksaan Negeri Garut, Para Kepala SOPD, Organisasi Kepemudaan, ASN, para pelajar dan undangan lainnya.





Bupati Garut Rudy Gunawan, saat membacakan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga RI mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada tokoh pemuda tahun 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia sekaligus menjaga keutuhan NKRI.





Bupati Rudy melanjutkan, peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.





"Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Meskipun demikian, pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif," ujar bupati.





Bupati menegaskan untuk itu perlu bagi pemuda membendung hal negatif tersebut dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.