Sosialisasi dan Dialog Keserasian Sosial

Sanggau – Digelar sosialisasi dan dialog tematik keserasian sosial berbasis masyarakat dalam rangka mencegah konflik sosial di Kelurahan Bunut, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Selasa (27/10).

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial Provinsi Kalbar, Golda Marganda Purba, Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut Arita Apolina, Sekcam Kapuas, Lurah Bunut dan para Ketua RT se-Kelurahan Bunut.

Dalam kesempatan tersebut Pelindung Forum KS Sabang Merah Kelurahan Bunut Arita Apolina menyampaikan Program Keserasian Sosial merupakan salah satu program Kementerian Sosial RI dalam penanganan masalah konflik sosial.

“Tujuan dari program tersebut adalah untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan sosial yang serasi dan harmonis dilandasi oleh nilai dasar kebersamaan, toleransi, saling menghargai dan menghormati, sehingga dapat membangun, memantapkan dan mengembangkan serta memelihara kembali kehidupan bersama di antara anggota masyarakat," katanya.

Ditambahkan, bentuk kegiatan dari Forum Keserasian Sosial Sabang Merah di Kelurahan Bunut ini berupa kegiatan fisik yaitu pembangunan aula terbuka dan kegiatan non fisik yaitu pertemuan tematik yang melibatkan unsur-unsur dalam masyarakat khususnya di Kelurahan Bunut Kecamatan Kapuas Kabupaten Sanggau.

“Diharapkan pelaksanaan program Keserasian Sosial ini dapat berjalan secara maksimal dan bermanfaat baik bagi pelaku konflik maupun bagi masyarakat di lingkungan sekitar," tegasnya.