Pemkab Barito Utara Apel Pengamanan Libur Panjang dan Kesiapsiagaan Bencana

Muara Teweh - Pemerintah Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar apel menghadapi libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW dan cuti bersama 28 Oktober sampai 1 November 2020, serta kesiapsiagaan menghadapi bencana di halaman Kantor Bupati, Rabu (28/10).

Apel dipimpin langsung oleh Bupati Barito Utara Nadalsyah, dan dihadiri wakil bupati, sekretaris daerah, dandim 1013/MTW, kapolres, perwakilan Kejaksaan Negeri Barut, Kepala Satpol PP, dan Plt kadis Kominfosandi.

Bupati Nadalsyah, dalam arahannya menyampaikan bahwa kegiatan ini mengandung makna strategis untuk memantapkan kesiapsiagaan, serta mengkoordinasikan seluruh unsur masyarakat dan instansi terkait dalam menghadapi situasi libur panjang.

"Kegiatan ini sangat penting dalam memberikan gambaran rencana kesiapan personel dalam melaksanakan pengamanan umum dan penegakan protokol kesehatan selama liburan dan cuti bersama di Kabupaten Barito Utara," ujarnya.

Nadalsyah menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk sinergitas dan gotong royong seluruh jajaran forkopimda, dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Barito Utara, sekaligus mengantisipasi pengamanan Libur panjang dan cuti bersama yang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bupati juga menyampaikan agar masyarakat dalam merayakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tetap mematuhi protokol Kesehatan.

"Satgas Yustisi harus melakukan pengawasan dan penindakan kepada masyarakat yang masih melanggar ketentuan protokol kesehatan di tempat wisata dan keramaian selama libur panjang," ujarnya.

Apel gelar pasukan diikuti oleh anggota TNI/Polri, Satpol PP, petugas dari Dinas Perhubungan, Manggala Agni, Pemadam dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Mulai 28 Oktober - 1 November 2020 akan dilakukan pengamanan dan pembatasan di titik-titik yang berpotensi terjadi keramaian, serta bergerak secara dinamis.