Sekda Tojo Una-Una Buka Sosialisasi Peran Desa Turunkan Angka Stunting

Tojo Una-Una - Bupati Tojo Una-Una yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Taslim DM Lasupu, membuka acara sosialisasi peran serta desa dalam upaya menurunkan angka stunting di seluruh wilayah kerja Puskesmas Ampana Timur, Ampana Barat, Ampana Tete dan Dataran Bulan tahun 2019 di Hotel Ananda, Kecamatan Ampana Kota, Senin (4/11).

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tojo Una-Una Jafamet Alfari, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tojo Una-Una Burhanuddin, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Tojo Una-Una yang diwakili oleh Ishak W. kanali, Sekretaris PU dan Penataan Ruang Bapak Ruslan, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), camat Ampana Kota, para kepala Puskesmas, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh perempuan.

"Pemkab mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada panitia pelaksana dan semua pihak atas terlaksananya kegiatan ini," ujar Taslim.

Selanjutnya, Sekda mengatakan, stunting atau kekerdilan merupakan kondisi gagal tumbuh pada anak 5 tahun akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama dalam 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 2 tahun.

"Kesempatan ini merupakan momentum untuk mengubah cara pandang, berpikir dan bekerja, bersinegri dengan multisektor untuk bersama-sama untuk menekan angka kematian ibu dan kematian bayi, serta memutus rantai stunting, gizi buruk dan kurang gizi," ujar Taslim.

Taslim juga mengimbau agar forum ini dapat digunakan sebagai sarana diskusi untuk melahirkan kesepakatan dan kesepahaman yang mengarahkan langkah dalam melaksanakan Gerakan Sayang Ibu.