Operasi Zebra Kapuas, Satlantas Polres Singkawang Bentuk Empat Satgas

Singkawang – Satlantas Polres Singkawang mulai menggelar Operasi Zebra Kapuas 2020 selama 14 hari ke depan.

“Pelaksanaan Operasi Zebra Kapuas 2020 mulai dilaksanakan dari 26 Oktober hingga 8 November 2020,” kata Kasat Lantas Polres Singkawang, AKP Syaiful Bahri, Kamis (29/10).

Adapun kegiatan ini dibagi sebanyak empat satgas, seperti Preentiv, Prepentiv, Represiv dan Bag Ops dimana masing-masing Satgas memiliki tugas yang berbeda-beda.

“Seperti pada Satgas Preentiv banyak memberikan bimbingan dan penyuluhan (binluh), penerangan, pemberian stiker, dan memberikan program-program keamanan dan keselamatan seperti Police Go To Scholl, polisi sahabat anak dan banyak memberikan sosialisasi tentang aturan lalu lintas di media sosial,” ujarnya.

Sedangkan pada Satgas Prepentiv, banyak memberikan pengaturan dan penjagaan di lokasi pasar, obyek wisata, daerah rawan pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

Kemudian pada Satgas Represiv (Gakkum) memberikan penindakan terhadap segala prioritas terhadap 7 pelanggaran thematik, diantaranya pengendara yang tidak mengunakan helm SNI, berboncengan tiga, pengendara anak dibawah umur, melawan arus, kelebihan kapasitas dan pengaruh alkohol.

“Kita juga sudah mempelajari ruas-ruas jalan mana yang sering terjadi pelanggaran lalu lintas, sehingga inilah saatnya Kasatgas Gakkum akan bertindak melakukan penindakan,” ungkapnya.

Dalam giat Operasi Zebra Kapuas 2020, pihaknya juga akan memberikan teguran terhadap pelanggar protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19 di Kota Singkawang.