Bupati Pringsewu Hadiri Sosialisasi Juknis Pertashop di Lampung

Lampung - Bupati Pringsewu Sujadi menghadiri Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) program Pertashop di Provinsi Lampung. Program ini merupakan program kerjasama antara Kementerian Dalam Negeri dan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Jenderal Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Nata Irawan di Hotel Novotel Bandar Lampung, Selasa (27/10) ini juga dihadiri Gubernur Lampung Arinal Junaidi, Direktur Pemasaran Regional IV Pertamina beserta sejumlah  pejabat PT.Pertamina (Persero) lainnya, jajaran Pemprov Lampung juga para bupati dan wali kota se-Lampung.

Gubernur Lampung Arinal Junaidi, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada Kemendagri dan Pertamina yang telah mengupayakan agar sumber energi ini bisa hadir di perdesaan, yang merupakan salah satu solusi untuk memajukan ekonomi kerakyatan.

"Program Pertashop ini betul-betul membuat saya senang. Karenanya, saya menyambut baik dan berterima kasih kepada Kemendagri dan Pertamina  atas program ini, dalam rangka mendukung  program pemerataan energi," katanya.

Ia mengharapkan agar program Pertashop dapat meningkatkan perekonomian di masyarakat, dimana ini menjadi sangat penting, terutama dalam suasana pandemi COVID-19. Program Pertashop ini juga dalam rangka pembangunan dan pemberdayaan desa, yang merupakan salah satu kunci mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera, sesuai visi Lampung Berjaya.

Arinal juga mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung untuk program Pertashop ini mendapatkan alokasi, masing-masing untuk tahap awal sebanyak 21 titik, tahap kedua sebanyak 159 titik, dan untuk tahap ketiga akan diusulkan sebanyak 393 titik, dengan menggandeng Bank Lampung.

Sementara itu, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri Nata Irawan mengatakan, terkait program ini, Kemendagri akan melakukan pembinaan dan pengawasan secara umum kepada pemerintah daerah serta penyelenggaraan pemerintahan desa untuk percepatan pencapaian target program Pertashop.