Kabupaten Pasuruan Peringkat Tujuh Daerah Berskala Ekonomi Terbesar di Indonesia

Pausruan - Kabupaten Pasuruan menempati posisi ketujuh sebagai daerah dengan skala ekonomi terbesar di Indonesia. Rangking ini dipublish oleh Good News From Indonesia.id, sebuah platform berbagi informasi positif dan independen tentang semua berita baik di Indonesia.

Dalam postingannya, Kabupaten Pasuruan berada di posisi ketujuh dengan total PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) sebesar Rp 135.282 Milyar (data BPS (Badan Pusat Statistik) tahun 2018. Sedangkan posisi teratas adalah Kabupaten Bekasi, disusul Bogor, Karawang, Sidoarjo, Kutai Kartanegara, Bengkalis. Sedangkan posisi delapan dicapai Gresik, Tangerang dan Kutai Timur.

Indikator yang digunakan dalam pengukuran skala ekonomi kali ini adalah menggunakan total Produk Domestik Regional Bruto atau biasa disingkat PDRB. PDRB adalah jumlah nilai tambah barang dan jasa yang dihasilkan dari seluruh kegiatan perekonomian di seluruh wilayah kabupaten, kota maupun provinsi dalam periode tertentu, yang biasanya satu tahun.

Secara perhitungan, PDRB dibagi menjadi dua metode, yakni Harga Berlaku dan Harga Konstan. PDRB atas Harga Berlaku merupakan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada tahun yang bersangkutan, sementara PDRB Harga Konstan dihitung menggunakan harga pada tahun tertentu sebagai tahun dasar.