Bupati Barito Utara Ajak Warga Kembangkan Tanaman Jahe

Muara Teweh - Bupati Barito Utara NadalsyahTanamanmengajak perangkat daerah untuk mengembangkan tanaman jahe sebagai salah satu komoditas yang memiliki nilai dan potensi yang tinggi untuk dikembangkan di Kabupaten Barito Utara.

"Perangkat daerah diharapkan nantinya dapat mengajak masyarakat untuk mengembangkan tanaman jahe sebagai sumber penghasilan tambahan," katanya kemarin.

Adapun areal kebun terletak di Desa Parung Lahung Kecamatan Montallat, dimana tanaman jahe dapat berkembang dengan baik.

Plt Kepala Dinas SOSPMD Kabupaten Barito Utara Eveready Noor mengungkapkan pihaknya juga mengajak perwakilan sembilan kecamatan dan kepala desa yang berada di Kabupaten Barito Utara untuk dapat meniru tata cara penanaman yang telah dilakukan oleh Bupati.

"Tujuan dari kunjungan ini adalah agar masyarakat khususnya para petani di desa dapat mengembangkan tanaman-tanaman yang dapat menunjang kebutuhan keluarga serta memberikan wawasan dan pengetahuan tentang tata cara penanaman jahe merah dan tanaman lainnya," tuturnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian Barito Utara Setia Budi menjelaskan di Kabupaten Barito Utara sudah terbentuk sebanyak 543 kelompok tani yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian.

"Saat ini kita harus melakukan inovasi terkhususnya dalam pertanian, dimana Kalimantan Tengah berupaya menjadi wilayah Food Estate. Mengingat akan hal itu diharapkan kita semua termotivasi, salah satu implementasi inovasi yang nyata yaitu seperti kegiatan pada hari ini yaitu pengembangan budi daya jahe merah," tegasnya.