Pemkab Aceh Tengah Gelar Pelatihan Bagi SDM Pariwisata

Takengon –  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Aceh Tengah menggelar Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata dan Kapasitas Pelaku Usaha Kepariwisataan di Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (3/11).

Sekretaris Disparpora Kabupaten Aceh Tengah Agus Majid mengatakan kegiatan pelatihan ini direncanakan berlangsung selama tiga hari mulai 3-5 November 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 90 orang yang berasal dari pengelola wisata dan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di daerah ini.

“Pelatihan ini diselenggarakan untuk peningkatan SDM dalam mendukung sektor pariwisata di daerah Kabupaten Aceh Tengah, untuk itu materi pelatihan dan diskusi akan disampaikan oleh narasumber dari lembaga usaha kepariwisataan, praktisi dan akademisi yang kompeten dibidang kepariwisataan,” katanya.

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar mengungkapkan seiring perkembangan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Aceh Tengah beberapa tahun terakhir, memerlukan rencana pengembangan pemasaran kepariwisataan dalam kemasan paket wisata unggulan dan pembangunan destinasi wisata yang sesuai dengan harapan wisatawan.

“Kemajuan pariwisata sangat ditentukan oleh manajemen penglolaan destinasi wisata, dan manajemen pengelolaan pariwisata membutuhkan sumberdaya manusia yang handal, karenanya kami sangat mendukung pelaksanaan pelatihan peningkatan kapasitas SDM pariwisata ini dan berharap, pelatihan ini akan mampu meningkatkan inovasi dalam menciptakan pariwisata unggulan,” ujarnya. (Fathan Muhammad Taufiq/Aceh Tengah)