Pjs Bupati Sigi Hadiri Penyerahan Sertifikat Tanah untuk Rakyat

Palu - Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sigi Sisliandy menghadiri acara penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat se-Indonesia oleh Presiden Joko Widodo secara virtual di Hotel Sutan Raja, Palu, Sulawesi Tengah, Senin (9/11).

Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo menyerahkan satu juta sertifikat hak atas tanah bagi masyarakat penerima hak di 31 provinsi. Penyerahan ini sebagai rangkaian dari peringatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional tahun 2020.

Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, dalam laporannya menyebutkan bahwa dari target penyerahan tujuh juta sertifikat bidang tanah di tahun 2020, Kementerian ATR/BPN telah merealisasikan 6,5 juta bidang tanah.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo, menyampaikan bahwa banyak keluhan dari masyarakat mengenai bidang tanah yang belum bersertifikat dan juga rumitnya prosedur pengurusan yang harus dilakukan.

"Oleh karena itu, melalui percepatan penerbitan sertifikat hak atas tanah yang merupakan bagian dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) ini diharapkan masyarakat memiliki bukti kepemilikan secara sah atas bidang tanah miliknya dan ditargetkan di tahun 2025 semua bidang tanah telah bersertifikat," ujar Jokowi.

Jokowi juga berharap masyarakat yang telah menerima sertifikat hak atas tanah agar dijaga dengan baik.