Kelompok Tani Anak Nagari Pagaruyung Kembangkan Komoditi Jahe

Tanah Datar - Bupati Tanah Datar diwakili Kadis Pertanian Yulfiardi di hadapan Pembina Kelompok Tani (Keltan) Milenial yang juga anggota DPRD Nurhamdi Zahri, Kepala Bagian Perekonomian dan SDA Masni Yuletri, Kabid Holtikultura Sri Mulyani, anggota Keltan Milenial Anak Nagari pada acara penanaman perdana Jahe di Keltan Milenial Anak Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas, Selasa (10/11).

"Jahe merupakan komoditi pertanian yang banyak dicari dan dimanfaatkan sebagai salah satu bahan rempah untuk meningkatkan imun tubuh, sehingga hasil pertanian ini akan mudah dipasarkan, apalagi di masa pandemi COVID-19 ini. Tanaman yang dibutuhkan masyarakat ini bisa dipanen sekitar 7 bulan dan untuk pembibitan butuh 10 bulan," katanya.

Yulfiardi menambahkan, dalam pengembangan dan pelaksanaan, pelaku pertanian hendaknya memanfaatkan kemajuan teknologi dan menerapkan dalam bertani agar pekerjaan menjadi lebih mudah dan hasil semakin meningkat.

"Atas nama pemerintah daerah kami menyampaikan apresiasi terhadap antusias Keltan Milenial Anak Nagari ini dalam mengembangkan jahe ini yang baru memanfaatkan lahan seluas 0,5 hektar, semoga nantinya bisa meningkatkan perekonomian para anggotanya ke depan," terangnya.

Nurhamdi Zahri, Pembina Keltan yang juga anggota DPRD menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan perhatian pemerintah daerah kepada Keltan Anak Nagari Pagaruyung.

"Keltan ini sudah berdiri semenjak tahun 2015 lalu dan miliki lebih kurang 20 hektar lahan dan telah dikelola dengan berbagai macam komoditi pertanian lainnya seperti cabai dan lain," ujarnya. (KominfoTD)